Aplikasi Groups Analysis pada Perbandingan Tiga Sentra Kerajinan Tenun Songket Palembang (Peer Review)

Irmeilyana, Irmeilyana and Ngudiantoro, Ngudiantoro and Desiani, Anita and Rodiah, Desty Aplikasi Groups Analysis pada Perbandingan Tiga Sentra Kerajinan Tenun Songket Palembang (Peer Review). PNL, Lhouksmawae.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of 3.2.PR-Infomedia-songket-2019-Bambang.pdf]
Preview
Text
3.2.PR-Infomedia-songket-2019-Bambang.pdf

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 3.2. PR-Infomedia-songket-2019-Bangun.pdf]
Preview
Text
3.2. PR-Infomedia-songket-2019-Bangun.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Paper ini membahas perbandingan profil dan karakter pengrajin songket di 3 sentra, yaitu Kecamatan Indralaya, Kecamatan Pemulutan Barat, dan Kecamatan Tanjung Batu di Kabupaten Ogan Ilir. Perbandingan profil pengrajin antar kecamatan berguna untuk mengkaji analisis kebutuhan dari pengrajin masing-masing kecamatan, sehingga dapat membantu pihak terkait dalam menentukan model kebijakan bagi peningkatan produktivitas pengrajin. Variabel yang diteliti meliputi umur, pendidikan, masa kerja, penghasilan, motivasi kerja, motivasi usaha, budaya kerja, dan produktivitas. Data penelitian diperoleh dari responden melalui pengisian kuesioner. Responden merupakan sampel yang dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel purpossive. Jumlah responden untuk Kecamatan Indralaya, Pemulutan Barat, dan Kecamatan Tanjung Batu secara berturut-turut 100, 101, dan 103 responden. Perbandingan profil pengrajin didasarkan pada aplikasi two groups analysis dan more than two groups analysis. Analisis ini menggunakan output Principal Component Analysis (PCA) dari setiap matriks data. Jumlah k PC pertama membentuk subruang variabel berdimensi k. Pengolahan data menggunakan bantuan software Minitab 18. Berdasarkan sudut yang terbentuk antara bisektor dengan subruang 2 grup pada setiap dimensi perbandingan, variabel penghasilan dan produktivitas menentukan kemiripan antara 2 grup. Penenun songket di Pemulutan Barat dengan Tanjung Batu lebih mirip ditinjau dari umur, masa kerja, dan budaya kerja. Jika Pemulutan Barat dan Tanjung Batu dibandingkan terhadap Indralaya, maka umur dan masa kerja menentukan ketakmiripan antara 2 sentra tersebut dengan Indralaya. Profil dan karakter pengrajin dari ketiga kecamatan cenderung mirip ditinjau dari penghasilan, produktivitas P1 dan P3. Tetapi motivasi usaha dan motivasi kerja menentukan ketakmiripan pengrajin Tanjung Batu dengan pengrajin di kedua kecamatan lain. Hal ini menunjukkan bahwa pengrajin di Tanjung Batu harus lebih didorong jiwa usaha bisnis sehingga kinerja dan produktivitasnya dapat lebih meningkat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: perbandingan subruang, produktivitas pengrajin songket, groups analysis, tiga sentra songket, pca
Subjects:
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 44201-Mathematics (S1)
Depositing User: Mrs Irmeiliana Irmeiliana
Date Deposited: 01 Jan 2020 08:55
Last Modified: 01 Jan 2020 08:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22709

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item