PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN

Anwar, Yenny and Nuryani, Y. Rustaman and Widodo, Dr Ari and Redjeki, Prof Sri (2016) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN. Cakrawala Pendidikan, 3 (xxxv). pp. 349-365. ISSN (e-ISSN) 2442-8620/ (p-ISSN) 0216-1370

[thumbnail of Jurnal Cakrawala Pendidikan] Text (Jurnal Cakrawala Pendidikan)
8251

Download (60kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan Pedagogical Content Knowledge diteliti selama satu tahun setelah semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra menjadi growing PedagogicalContent Knowledge. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan Pedagogical Content Knowledge calon guru ini bersifat kontinum dan bertahap sesuai proses pada tiap tahapan. Kata Kunci: pendidikan guru biologi, pedagogical content knowledge, pendidikan guru konkuren, calon guru biologi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan guru biologi, pedagogical content knowledge, pendidikan guru konkuren, calon guru biologi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 3892 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 18:08
Last Modified: 02 Jan 2020 18:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item View Item