Kesiapan Calon Guru dalam Pelaksanaan PPL: Ditinjau dari Kemampuan Pedagogical Content Knowledge

Anwar, Dr Yenny (2016) Kesiapan Calon Guru dalam Pelaksanaan PPL: Ditinjau dari Kemampuan Pedagogical Content Knowledge. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3 (1). pp. 1-103. ISSN 2355-7192

[thumbnail of Artikel_JPB,yenny_a.doc] Text
Artikel_JPB,yenny_a.doc

Download (74kB)

Abstract

Yenny Anwar Universitas Sriwijaya Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk melihat kesiapan mahasiswa calon guru untuk menghadapi PPL yang ditinjau dari kemampuan Pedagogical Content knowledge mahasiswa calon guru. Mahasiswa berasal dari dua LPTK yang berbeda, yaitu perguruan tinggi swasta dan negeri di daerah jawa barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, data diperoleh melalui pengisian tes dan wawancara. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa calon guru dalam menghadapi PPL khususnya kemampuan PCK mereka masih sangat minim. Masih terdapat miskonsepsi, kaitan antar konsep tidak begitu jelas, belum menyadari konsep-konsep sulit yang akan di hadapi oleh siswa, belum menyadari hal penting yang harus diketahui oleh siswa dan masih ada materi penting yang belum muncul, yang seharusnya dipahami oleh siswa. Hanya sedikit materi yang relevan berkaitan dengan hal-hal yang akan dan seharusnya dipahami oleh siswa. Mereka mengetahui strategi pembelajaran secara umum tetapi kesulitan ketika dihadapkan dengan materi yang khusus. Kata kunci : Biologi, PCK, PPL

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 3892 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 18:08
Last Modified: 02 Jan 2020 18:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item