Kemampuan Subject Specific and Pedagogy Calon Guru Biologi Setelah Mengikuti Perkuliahan Semester Ganjil: Implikasi pada Konsepsi PCK

Dr, M.Pd Yeny Anwar (2013) Kemampuan Subject Specific and Pedagogy Calon Guru Biologi Setelah Mengikuti Perkuliahan Semester Ganjil: Implikasi pada Konsepsi PCK. In: Peran Sains Dalam Abad 21. Program Pasca Sarjana UNESA, Surabaya, pp. 1-1020. ISBN 978-602-7508-55-2

[thumbnail of Artikel_yenny_3.Unesa_ok.pdf] Text
Artikel_yenny_3.Unesa_ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Subjek Spesifik dan Pedagogi merupakan salah satu kemampuan yang akan menggambarkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge seseorang. PCK merupakan pengetahuan yang penting dalam proses pengembangan science literacy dan kemampuan mentransformasi pengetahuan guru ke dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan/mendeskripsikan kemampuan Subject Specifik dan Pedagogy mahasiswa calon guru biologi angkatan 2009-2011 yang mengikuti program Pendidikan S-1 di LPTK. Mahasiswa calon guru ini merupakan mahasiswa yang mengikuti program S-1 kependidikan (konkuren) di Universitas pendidikan Indonesia di Bandung. Kemampuan ini akan diukur setiap akhir semester selama satu tahun, dengan menggunakan metode Crossectional study. Data dikoleksi melalui penggunaan tes membuat CoRes dan PaP-eRs tentang kemampuan subject specific dan pedagogy, yang nantinya akan dilanjutkan dengan teknik wawancara, observasi kemampuan mengajar dan analisis dokumen kurikulum, RPP yang mereka buat, video record serta catatan lapangan. Data hasil penelitian yang diperoleh melalui CoRes dan Pap-eRs pada materi transportasi zat akan diberikan pada setiap angkatan yaitu angkatan 2009, 2010 dan 2011 yang telah mengikuti perkuliahan disemester ganjil. Data akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil sementara menunjukkan bahwa ada perbedaan pada rata-rata setiap angkatan. Perbedaan ini terutama pada CoRes dan PaP-eRs, ada kecendrungan semakin banyak pengalaman belajar mahasiswa semakin baik kemampuannya dalam menjabarkan ide-ide spesifik ke dalam suatu CoRes dan mengkaitkannya dengan PaP-eRs. Hal ini berarti semakin banyak pengalaman belajar, kemampuan mahasiswa menjabarkan ide-ide dan mengorganisasikannya terkait karakteristik materi dan karakteristik siswa semakin baik. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge (PCK), Subject Specific Pedagogy (SSP), Konkuren, Biologi

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 3892 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 18:11
Last Modified: 02 Jan 2020 18:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22860

Actions (login required)

View Item View Item