PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

Anwar, Dr Yenny (2007) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA. Forum Kependidikan, 26 (2). pp. 118-226. ISSN 0215-9392

[thumbnail of Jurnal Terakriditasi]
Preview
Text (Jurnal Terakriditasi)
Cover_Jurnal_Pembelajaran_IPA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of makalah_Yenny_konstruktivisme.pdf]
Preview
Text
makalah_Yenny_konstruktivisme.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi siswa kelas I(X) SMA Srijaya Negara Palembang. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar yang diperoleh. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tehnik eksperimen The Static group Comparizon : Randomized Control Only Desigh, sehingga dua kelas yang diambil sebagai kelompok sampel dikelompokan ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menganggap semua siswa memiliki kemampuan yang sama, dan dari data yang diperoleh pun berdistribusi normal, maka untuk menganalisisnya digunakan uji t untuk taraf \ensuremathα= 5%. Dari analisa data diperoleh t hitung = 4,34 dan t table = 1,6675. maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi siswa kelas 1(X) SMA srijaya Negara palembang. Dengan adanya hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan Pendekatan Konstruktivisme ini sebagai pengetahuan tambahan dan mempermudah dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran biologi di SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme, Pembelajaran, Biologi SMA
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 3892 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 18:12
Last Modified: 02 Jan 2020 18:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22864

Actions (login required)

View Item View Item