Pengajaran Anatomi Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Siswo, Legiran Pengajaran Anatomi Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kumpulan Abstrak: Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia, Yogyakarta, 7-8 Agustus 2009.

[thumbnail of LK_2009_Pengajaran_Anatomi.pdf]
Preview
Text
LK_2009_Pengajaran_Anatomi.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Anatomi adalah salah satu mata kuliah ilmu dasar penting dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sejak Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri) memberlakukan KBK pada tahun 2006, mata kuliah anatomi telah masuk menjadi salah satu bagian dalam proses pembelajaran terintegrasi dalam satuan blok. Pengajaran anatomi disajikan dengan pendekatan sistem tubuh manusia dalam bentuk kuliah integrasi dan praktikum menggunakan kadaver. Sejak diberlakukannya KBK, telah dilakukan beberapa kali perubahan materi dan metode pengajaran. Walaupun demikian, masalah alokasi lamanya waktu kuliah dan praktikum, materi kuliah, keterlibatan anatomi dalam pembelajaran berbasis masalah, masih mengemuka untuk dikaji terkait adanya kesan bahwa dalam KBK, mata kuliah anatomi telah banyak mengalami kekurang-perhatian. Harapannya adalah kompetensi mahasiswa menguasai ilmu kedokteran harus didasari pada penguasaannya ilmu anatomi yang memadai. Kata kunci: anatomi, pengajaran, kurikulum, kompetensi

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11201-Medicine (S1)
Depositing User: dr Legiran Legiran
Date Deposited: 03 Jan 2020 05:12
Last Modified: 03 Jan 2020 05:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item