Pembelajaran Soal Kemampuan Aplikasi Matematis Siswa yang Mengacuh pada Soal TIMSS di SMP Negeri 3 SP. Padang

Jayanti, Jayanti and Jumroh, Jumroh Pembelajaran Soal Kemampuan Aplikasi Matematis Siswa yang Mengacuh pada Soal TIMSS di SMP Negeri 3 SP. Padang. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[thumbnail of Jayanti.docx] Text
Jayanti.docx

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil dari pembelajaran soal kemampuan aplikasi matematis siswa yang mengacuh pada soal TIMSS. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana kemampuan aplikasi/penerapan siswa dalam menyelesaikan soal-soal TIMSS tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif yang menggambarkan hasil dalam pembelajaran siswa dimana siswa dapat menyelesaikan soal aplikasi sesuai dengan indicator yang mengacuh pada TIMSS. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada SMP Negeri 3 SP.Padang sebanyak 25 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah wawancara dan dokumen yang digunakan untuk mengetahui hasil pengerjaan soal baik secara konseptual maupun empiris, dan bagaimana siswa dalam penerapan matematisnya. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian ini menggambarkan hasil pengerjaan soal suatu produk berupa soal-soal essay mata pelajaran matematika dimana terlihat tingkat aplikasi matematis siswa dalam mengerjakan soal dan kemampuan aplikasi atau penerapan siswa SMP yang mengacuh pada TIMSS. Pembelajaran yang dilakukan juga dianalisis secara deskriftif dengan menggambarkan tingkat aplikasi siswa mengacuh pada soal TIMSS, jawaban siswa dianalisis satu persatu dimana akan terlihat hasil dari jawaban mereka sesuai dengan indictor soal aplikasi yang mengacuh pada soal TIMSS.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Dr., S.Pd. Hapizah Hapizah
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:06
Last Modified: 07 Jan 2020 13:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23243

Actions (login required)

View Item View Item