PENGOLAHAN LIMBAH LOGAM BERAT Cr(VI) MENGGUNAKAN KOLOM ADSORBEN KERAMIK SARGASSUM

Aprianti, Tine and Susmanto, Prahady PENGOLAHAN LIMBAH LOGAM BERAT Cr(VI) MENGGUNAKAN KOLOM ADSORBEN KERAMIK SARGASSUM. PENGOLAHAN LIMBAH LOGAM BERAT Cr(VI) MENGGUNAKAN KOLOM ADSORBEN KERAMIK SARGASSUM.

[thumbnail of Makalah Seminar AVoER VII 2015 a.n. Tine Aprianti.] Text (Makalah Seminar AVoER VII 2015 a.n. Tine Aprianti.)
Makalah_Avoer_2015_a.n._Tine_Aprianti.doc

Download (4MB)
[thumbnail of Makalah_Avoer_2015_a.n._Tine_Aprianti (1).doc] Text
Makalah_Avoer_2015_a.n._Tine_Aprianti (1).doc

Download (4MB)

Abstract

Kromium Heksavalen Cr(VI) merupakan salah satu logam berat yang dianggap berbahaya terutama jika mengkontaminasi tubuh manusia. Kromium yang terkandung dalam air limbah biasanya dalam bentuk ion-ion bebas dan dalam bentuk kompleks yang sangat sulit untuk terdegradasi secara alami. Makadari itu, penting untuk membuat suatu metode baru untuk mengolah limbah tersebut. Penelitian ini difokuskan pada proses pengolahan dengan cara fisika menggunakan cara adsorpsi dengan adsorben inovasi baru. Riset ini menggunakan adsorben yang dibuat dari rumput laut coklat (Sargassum crassifolium) sebagai bahan biosorpsi dicampur dengan tanah liat. Riset ini bertujuan untuk mengukur kapasitas adsorpsi dan untuk menentukan waktu kontak optimum proses adsorpsi. Riset ini dilakukan dengan cara mengkontakkan air limbah yang mengandung 50 ppm Kromium Heksavalen dengan adsorben di dalam sebuah kolom terbuat dari kaca dengan diameter 2 inchi dan tinggi 50 cm dimana air limbah dialirkan dari bagian atas kolom dengan debit 2 liter permenit. Hasil analisa dari keluaran air limbah yang dialirkan kedalam kolom menunjukkan penurunan konsentrasi Kromium Hexalaven Cr(VI) sebesar 42,126% dengan waktu kontak 30 menit. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi proses adsorpsi dan pertukaran ion antara adsorben dengan air limbah didalam kolom adsorpsi pada saat dikontakkan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: ST.,MT Tine Aprianti
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:06
Last Modified: 07 Jan 2020 13:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item