Penerapan Pembelajaran Terpadu Pada Pembelajaran IPS SD Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan "Student Centred" Berbasis "Tematik Model Webbed" Dengan Sarana Multimedia Pada PGSD

Rukiyah, Rukiyah and Maharani, Siti Dewi and Tenar, Rohana (2013) Penerapan Pembelajaran Terpadu Pada Pembelajaran IPS SD Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan "Student Centred" Berbasis "Tematik Model Webbed" Dengan Sarana Multimedia Pada PGSD. In: Membangun SDM Indonesia melalui Pendidikan yang Membebaskan. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pp. 295-305. ISBN 978-602-17465-0-9

[thumbnail of MEMBANGUN_SDM_INDONESIA_MELALUI_PENDIDIKAN_YANG_MEMBEBASKAN_(isinya_aja).pdf]
Preview
Text
MEMBANGUN_SDM_INDONESIA_MELALUI_PENDIDIKAN_YANG_MEMBEBASKAN_(isinya_aja).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul penerapan pembelajaran terpadu pada pembelajaran IPS SD Kelas Rendah menggunakan pendekatan ?Student Centerd? Berbasis ?Tematik Model Webbed? dengan sarana multimedia di PGSD, dilaksanakan di bulan Agustus 2011 sampai Mei 2012 di PGSD FKIP Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penerapan metode pembelajaran IPS SD Kelas Rendah dengan pendekatan terpadu Student Centered berbasis Tematik Model Webbed dengan sarana multimedia. Kontribusi penelitian ini untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran IPS SD Kelas Rendah dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan Quasi Experiment dengan rancangan pretest posttes nonequivalent control group terhadap 31 mahasiswa PGSD. Perlakuannya berupa model pembelajaran terpadu IPS Kelas Rendah dengan pendekatan ?Student Centered ?berbasis Tematik Model Webbed. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada mahasiswa yang eksperimen dengan tematik model webbed yang berupa kontrol. Nilai rata-rata posttest untuk control yaitu 75,64 dan kelas eksperimen yaitu 87.03. analisis data menggunakan uji t, dengan nilai thit=9,18, sedangkan nilai ttabel=1,67 (a=0,05). Hal ini menunjukkan bahwa nilai mata kuliah IPS SD Kelas Rendah yang diperoleh mahasiswa lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar lebih meningkat setelah menerapkan pembelajaran terpadu Student Centered berbasis Tematik Model Webbed.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: pembelajaran terpadu IPS SD Kelas Rendah, pendekatan student centered, tematik model webbed
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:00
Last Modified: 10 Jan 2020 03:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item