Analisis Perbandingan Protokol Virtual Private Network (VPN) ? PPTP, L2TP, IPSEC ? Sebagai Dasar Perancangan VPN pada Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

Roseno, Muhammad Taufik (2013) Analisis Perbandingan Protokol Virtual Private Network (VPN) ? PPTP, L2TP, IPSEC ? Sebagai Dasar Perancangan VPN pada Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. Jurnal Politeknik Negeri Sriwijaya.

[thumbnail of senoprosiding.pdf]
Preview
Text
senoprosiding.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Virtual Private Network (VPN) merupakan salah satu solusi jaringan komputer yang menggunakan insfrastruktur jaringan publik seperti internet dengan menyediakan akses ke jaringan lokal dengan aman. VPN menawarkan penghematan dalam sisi biaya operasional dibandingkan dengan metoda privat lainnya seperti leased line, frame relay atau koneksi dial up. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang menggunakan fasilitas internet untuk memberikan kemudahan dalam mengakses kegiatan perkuliahan seperti jadwal absensi, jadwal mata pelajaran dan pembayaran SPP. Mempertimbangkan pentingnya keamanan komunikasi antar jaringan di Politeknik Negeri Sriwijaya maka VPN bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menyediakan jaringan yang aman. VPN menggunakan metode tunneling di atas jaringan publik dengan menggunakan protokol-protokol seperti Point to Point Tunneling Protocol (PPTP), Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) atau IP Security (IPSec). Ketiga protokol tersebut menyediakan tingkat keamanan dan performansi yang berbeda pada suatu jaringan yang kemudian akan dianalisis agar dapat menjadi suatu alternatif pilihan dalam menyediakan layanan akses dalam jaringan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Virtual Private Network, Tunneling, PPTP, L2TP, IPSec
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA76 Computer software
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:06
Last Modified: 07 Jan 2020 13:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item View Item