Estimasi Potensi Pengurangan Kemacetan Lalu Lintas Jalan Raya Pada Jam Puncak Berbasis Kebutuhan Riil Mobilitas Orang dan Barang

Hisyam, Ibnu (2011) Estimasi Potensi Pengurangan Kemacetan Lalu Lintas Jalan Raya Pada Jam Puncak Berbasis Kebutuhan Riil Mobilitas Orang dan Barang. In: Prosiding Seminar Nasional AVoER ke-3. Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Palembang, pp. 208-217. ISBN 979-587-395-4

[thumbnail of Pages_from_PROSIDING_AVOER_2011-24.pdf]
Preview
Text
Pages_from_PROSIDING_AVOER_2011-24.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Sistem perjalanan dan parkir terpadu ( park and ride integrated system-PARIS) merupakan konsep baru dalam sistem pelayanan transportasi yang responsive terhadap permintaan. Konsep ini merupakan sistem transportasi multimoda yang memadukan antara kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Ketepatan daerah operasional diupayakan pada konsep ini dengan menempatkan transportasi umum pada daerah pusat kegiatan(DPK) yang ramai dan transportasi pribadi ditempatkan pada bagian lain dari kota yang relative lebih sepi. Tempat parkir kendaraan pribadi dan halte atau terminal angkutan umum menjadi titik temu antara dua moda tersebut. Untuk mendukung konsep itu makalah ini ditujukan untuk mengestimasi potensi pengurangan kemacetan lalu lintas jalan raya jam puncak pada DPK berbasis kebutuhan riil mobilitas orang dan barang dengan penggunaan transportasi umum dengan pangsa pelayanan yang diharapkan. Basis perhitungan aliran lalu lintas bukan pada kendaraan, akan tetapi pada jumlah orang dan berat atau volume barang yang melintas pada jalan raya di DPK yang merupakan kebutuhan riil mobilitas masyarakat. Pengambilan data menggunakan teknik sampling secara acak dalam interval waktu jam puncak dan pada titik-titik pengambilan sample yang representative di seluruh jalan raya DPK. Jam puncak ditetapkan pada hari puncak ( Senin dan Jum?at).Dari data yang dikumpulkan distribusi dan parameternya diketahui sehingga potensi pengurangan kemacetannya dapat diketahui dengan tingkat pelayanan sistem transportasi yang diharapkan dan tingkat kepercayaan tertentu. Untuk menghitung jumlah kendaraan yang diperlukan untuk mengangkut orang dan barang pada jam puncak di daerah DPK digunakan simulasi eksperimen statistik dengan pendekatan sistem antrian untuk kedatangan permintaan riil mobilitas. Pengurangan kemacetan lalu lintas jalan raya DPK diukur dari selisih kecepatan ruang rata-rata(km/jam) pada situasi terbaik yang mungkin dari sistem pelayanan PARIS dikurangi kecepatan ruang rata-rata(km/jam) untuk kondisi yang ada. Untuk memastikan berapa besar pangsa penggunaan transportasi umum terlebih dahulu dikembangkan model pilihan moda pada daerah studi yang menjadi bagian dari model simulasi tersebut.

Item Type: Book Section
Additional Information: Staf Pengajar Jurusan Teknik Industri ITS ? Surabaya
Uncontrolled Keywords: sistem perjalanan dan parkir terpadu; transportasi multimoda; Simulasi Monte Carlo; sistem antrian; kecepatan ruang rata-rata(km/jam)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:08
Last Modified: 09 Jan 2020 07:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item