MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: MELALUI KEARIFAN LOKAL

Susanti, L.R. Retno (2011) MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: MELALUI KEARIFAN LOKAL. In: Persidangan Dwitahunan FSUA-PPIK USM, 26 s/d 27 Oktober 2011, Padang.

[thumbnail of Makalah_Seminar_Kearifan_Lokal.pdf]
Preview
Text
Makalah_Seminar_Kearifan_Lokal.pdf

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of Makalah_Seminar_Kearifan_Lokal.doc] Text
Makalah_Seminar_Kearifan_Lokal.doc

Download (53kB)

Abstract

Sejarah memberikan pelajaran yang amat berharga, betapa perbedaan, pertentangan, dan pertukaran pikiran itulah sesungguhnya yang mengantarkan kita ke gerbang kemerdekaan. Melalui pertukaran pikiran itu kita juga bisa mencermati, betapa kuat keinginan para Pemimpin Bangsa itu untuk bersatu di dalam satu identitas kebangsaan, sehingga perbedaan-perbedaan tidak menjadi persoalan bagi mereka. Oleh karena itu pendidikan karakter harus digali dari landasan idiil Pancasila, dan landasan konstitusional UUD 1945. Tantangan saat ini dan ke depan bagaimana kita mampu menempatkan pendidikan karakter sebagai sesuatu kekuatan bangsa. Oleh karena itu kebijakan dan implementasi pendidikan yang berbasis karakter di sekolah menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun bangsa ini. Kearifan lokal dapat berfungsi sebagai salah satu sumber nilai-nilai yang luhur bagi maksud tersebut. Dengan kata lain, kearifan lokal bisa menjadi sumur yang tak kunjung kering di musim kemarau panjang, nilai-nilai kebijaksanaan bagi perwujudan cita-cita bangsa yang seimbang, baik secara lahiriah maupun batiniah. Di samping berfungsi sebagai penyaring bagi nilai-nilai berasal dari luar, kearifan lokal dapat juga digunakan untuk meredam gejolak-gejolak yang bersifat intern. Misalnya konflik masyarakat yang sesuku atau antarsuku. Upaya promosi nilai-nilai luhur dalam kebudayaan tertentu secara formal akan menimbulkan apresiasi dan rasa bangga terhadap nilai-nilai tersebut. Dengan demikian akan timbul semangat yang kuat untuk menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karenanya tulisan ini dimaksudkan untuk mencoba menguraikan bagaimana membangun pendidikan karakter di sekolah melalui kearifan lokal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Additional Information: Disampaikan pada Persidangan Dwitahunan FSUA-PPIK USM pada tanggal 26 s/d 27 Oktober 2011 di Fakultas Sastra Unand, Padang. Pengajar Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya, Indralaya (Ogan Ilir)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:10
Last Modified: 09 Jan 2020 07:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item