PENYEDIAAN AIR BERSIH DAN SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PENYARING AIR SEDERHANA DI DESA PULAU KABAL KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

A, Hilda and F, Mirna and Puspitahati, Puspitahati (2011) PENYEDIAAN AIR BERSIH DAN SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PENYARING AIR SEDERHANA DI DESA PULAU KABAL KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN. In: SEMINAR NASIONAL PERTETA 2011, 6 - 8 Desember 2011, Bandung.

[thumbnail of Fullpaper_MIrna.doc] Text
Fullpaper_MIrna.doc

Download (3MB)
[thumbnail of Fullpaper_MIrna.pdf]
Preview
Text
Fullpaper_MIrna.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Sistem penyediaan air yang bersih dan sehat yang dapat dipergunakan untuk keperluan masyarakat pedesaan menghadapi banyak kendala dalam menjaga keberlanjutannya. Di Desa Pulau Kabal belum mendapatkan pelayanan air minum dari PAM juga belum mampu dalam mengelola sistem air bersih yang berupa pompa listrik, dikarenakan susah pengoperasian dan keterjangkauan biaya. Kualitas air sumur dan kanal di desa ini sangat memprihatinkan, ketercemaran air membuat kesehatan masyarakat menurun. Dengan permasalahan tersebut, maka dilakukan pembinaan pembuatan dan pengoperasian alat penyaring air sederhana. Pembinaan dilakukan dengan metode observasi lingkungan, penyuluhan, penerapan alat dan uji laboratorium. Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan ini, adalah sebagai berikut : Hasil uji laboratorium menyatakan air yang disaring menggunakan alat penyaring air sederhana menjadi lebih baik, dengan kriteria untuk air sumur adalah PH 7,1 , TDS 0,6 mgL-1, Ammonia 0,098 mgL-1, DO 2,32 mgL-1, untuk air kanal adalah PH 6,5 , TDS 3,4 mgL-1, Ammonia 0,013 mgL-1, DO 3,16 mgL-1, Alat Penyaring Air Sederhana dirancang untuk keperluan rumah tangga sehingga cara pembuatan dan pengoperasiannya mudah dan biayanya murah yang sangat cocok dan bermanfaat untuk diterapkan di Desa Pulau Kabal dan sekitarnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: air bersih, Alat penyaring air sederhana
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54211-Agricultural Technology (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:16
Last Modified: 09 Jan 2020 12:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23339

Actions (login required)

View Item View Item