KARAKTERISTIK PERKERASAN JALAN LENTUR ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE DENGAN PEMANFAATAN PASIR KAOLIN DAN PASIR TAILLING TIMAH

ISLAMI, BELLA MADU and Kurnia, Aztri Yuli and Pataras, Mirka (2019) KARAKTERISTIK PERKERASAN JALAN LENTUR ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE DENGAN PEMANFAATAN PASIR KAOLIN DAN PASIR TAILLING TIMAH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011381520077.pdf] Text
RAMA_22201_03011381520077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381520077_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011381520077_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381520077_0013078803_0001128107_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03011381520077_0013078803_0001128107_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (697kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03011381520077_0013078803_0001128107_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011381520077_0013078803_0001128107_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (888kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_011381520077_0013078803_0001128107_03.pdf] Text
RAMA_22201_011381520077_0013078803_0001128107_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_011381520077_0013078803_0001128107_04.pdf] Text
RAMA_22201_011381520077_0013078803_0001128107_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_011381520077_0013078803_0001128107_05.pdf] Text
RAMA_22201_011381520077_0013078803_0001128107_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of 011381520077_0013078803_0001128107_06_ref.pdf] Text
011381520077_0013078803_0001128107_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of 011381520077_0013078803_0001128107_lamp.pdf] Text
011381520077_0013078803_0001128107_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan konstruksi jalan di Indonesia saat ini sedang berkembang persat kebutuhan material campuran perkerasan jalan semakin meningkat. Material campuran yang biasanya digunakan pada perkerasan jalan salah satunya yaitu agregat halus yang berupa pasir. Material agregat halus yang biasanya sering digunakan pada perkerasan jalan adalah pasir sungai. Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya alam berupa pasir. Salah satunya di kepulauan Bangka Belitung yang memiliki potensi material agregat halus berupa pasir tailling timah dan pasir kaolin yang merupakan limbah dari hasil penambangan sumber daya alam timah dan kaolin. Untuk dapat mengurangi penggunaan pasir sungai maka dengan memanfaatkan pasir kaolin dan pasir tailling timah sebagai alternatif material agregat halus pada perkersan jalan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik dari pasir tailling timah dan pasir kaolin pada campuran lapis AC-WC (Asphalt Concrete Wearing Course) dan untuk mengetahui perbandingan nilai KAO dengan menggunakan pasir tailling timah dan pasir kaolin berdasarkan parameter marshall. Kadar aspal yang digunakan pada penelitian ini masing – masing sebesar 4,5%, 5%, 5,5%, 6%, dan 6,5% dari total berat campuran. Dari hasil pengujian didapat nilai KAO campuran AC-WC dengan pemanfaatan pasir kaolin 5,73%, campuran AC-WC dengan pemanfaatan pasir tailling timah 5,45% dan campuran AC-WC dengan pemanfaatan pasir sungai 5,7%. Dilihat dari nilai KAO yang didapat maka disimpulkan untuk campuran AC-WC dengan pemanfaatan pasir tailling timah penggunaan aspalnya cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan campuran AC-WC dengan pemanfaatan pasir kaolin dan pasir sungai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asphalt Concrete Wearing Course, Pasir Kaolin, Pasir Tailling Timah, Marshall.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169.H37 Reliability (Engineering), Engineering design, Civil engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 3981 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 09:16
Last Modified: 08 Jan 2020 09:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item View Item