Restorasi Gambut Harus Berpihak Kepada Ajas Manfaat

Imanudin, Momon Sodik Restorasi Gambut Harus Berpihak Kepada Ajas Manfaat. Personal Media. (Unpublished)

[thumbnail of Restorasi gambut harus mempertimbangan masyarakat lokal, konsep pembasahan harus ditentukan dimana, area pertanian jangan sampai tenggelam. Oleh karena itu manajemen air harus berdasarkan konsep pengendalian muka air (drainase terkendali)]
Preview
Text (Restorasi gambut harus mempertimbangan masyarakat lokal, konsep pembasahan harus ditentukan dimana, area pertanian jangan sampai tenggelam. Oleh karena itu manajemen air harus berdasarkan konsep pengendalian muka air (drainase terkendali))
Artik-Restorasi_Gambut_Harus_Berpihak_Kepada_Ajas_Manfaat.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Restorasi gambut bertujuan untuk memulihkan kondisi lahan gambut kepada kondisi alami. Kegiatan yang dilakukan adalah pembasahan, rehabilitasi dan revegetasi. Diharapkan kegiatan ini tidak menghentikan usaha produktiv dunia usaha dan masyarakat. Perlu dikedepankan azas manfaat. Dalam implementasi di lapangan harus mempertimbangkan kondisi alamiah, biofisik, sosial ekonomi masyarakat dan usaha petani. Oleh karena itu konsep resotarasi harus mengedepankan azas manfaat. Upaya pengendalian air merupakan bagian penting dengan model drainase terkendali. Selain itu restorasi harus didukung dengan program lain yaitu pembangunan infrastruktur, pendidikan dan pelatihan.

Item Type: Article
Additional Information: lahan gambut perlu drainase terkendali
Uncontrolled Keywords: peat restoration
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Depositing User: Dr Momon Sodik Imanudin
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:56
Last Modified: 14 Jan 2020 01:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23942

Actions (login required)

View Item View Item