PENGGUNAAN TEKNOLOGI GIS DAN REMOTE SENSING DALAM PENYUSUNAN ZONA PENGELOLAAN AIR DI DAERAH REKLAMASI RAWA PASANG SURUT (Kasus Delta Saleh Kab Banyu Asin Sumatera Selatan)

Imanudin, Momon Sodik and Armanto, M. Edi and Bakri, Bakri (2011) PENGGUNAAN TEKNOLOGI GIS DAN REMOTE SENSING DALAM PENYUSUNAN ZONA PENGELOLAAN AIR DI DAERAH REKLAMASI RAWA PASANG SURUT (Kasus Delta Saleh Kab Banyu Asin Sumatera Selatan). Prosiding Semnas Geomatika, Bogor, 6 April 2011. ISSN 978-979-26-6996-1

[thumbnail of Artik006-2011-eprint6_2.pdf]
Preview
Text
Artik006-2011-eprint6_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kunci keberhasilan pertanian di daerah rawa pasang surut adalah bagaimana petani bisa mengatur status air di petak tersier sesuai kebutuan tanaman. Oleh karena itu informasi dinamika air secara spasial sangat penting. Penelitian bertujuan untuk membangun zona pengelaloaan air berdasarkan pendekatan potensi pemanfaatan lahan untuk padi dan mengacu kepada beberapa karakteristik lahan seperti hidrotofografi; potensi suplai dan pembuangan, kedalaman firit; salinitas, dan tata guna lahan. Penelitian ini telah dilakukan di Delta Saleh Kabupatan Banyu Asin Sumater Selatan. Metode evaluasi lahan akan dilakukan dengan pendekatan Agro-ekologi, dan pembanding kebutuhan tanaman mengacu kepada standar FAO 1976. Citra satelit Lansat TM7 akan digunakan untuk melihat status perubahan pengunaan lahan, dan dengan bantuan teknologi GIS akan disusun secara spasial karakteristik dominan lahan untuk selanjutnya dibangun zona pengelolaan air. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar zona pengelolaan air (ZPA) termasuk kedalam kelas VIII yaitu lahan relatif tinggi dan tidak mendapat potensi luapan air pasang. Daerah ZPA berada di primer 10 dan primer 8 sebelah barat. Oleh karena itu pola pemanfaatan lahan adalah padi tadah hujan dan tanam palawija di musim kedua. Potensi penggunaan lahan dengan sistem pengelolaan air irigasi pasang hanya terjadi pada ZPA 1 yaitu berada disebagian besar wilayah primer 6 sebelah utara dan sebagian berada sebelah selatan kearah timur. Pada daerah ini tujuan utama pengelolaan air adalah pengairan gravitasi dengan memanfaatkan irigasi pasang (suplesi).

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54294-Soil Science (S1)
Depositing User: Dr Momon Sodik Imanudin
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:56
Last Modified: 14 Jan 2020 01:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item