PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DISTRIK HERAM KOTA JAYAPURA

Ramandey, Lazarus (2018) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DISTRIK HERAM KOTA JAYAPURA. JURNAL ILMU SOSIAL FISIP UNIVERSITAS CENDERAWASIH, JURNAL ILMU SOSIAL FISIP UNIVERSITAS CENDERAWASIH.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DISTRIK HERAM KOTA JAYAPURA.] Text (PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DISTRIK HERAM KOTA JAYAPURA.)
PENGARUH_DISIPLIN_TERHADAP_PENINGKATAN_KINERJA_PEGAWAI_PADA_KANTOR_DISTRIK_HERAM_KOTA_JAYAPURA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (271kB)

Abstract

Melalui disiplin manusia dapat membiasakan diri untuk tertib dan mentaati aturan-aturan balk secara lisan maupun tertulis. Melalui pendisiplinan diri, orang dapat menghargai dan memanfaatkan waktu dan tenaga sehingga dapat mencapai tujuan. Disiplin kerja tidak semata-mata terikat dengan peraturan saja, tetapi lebih dan itu adanya kesadaran pegawai ikut merespond dalam tugas-tugas yang diembannya atau dengan kata lain disiplin kerja dapat tercipta melalui faktor intern (manusia) dan ekstern (lingkungan). Berkaitan dengan peningkatan kinerja aparatur, para ahli menyatakan bahwa kinerja organisasi atau individu dipengaruhi oleh beberapa elemen, unsur atau input yang harus didayagunakan oleh organisasi diantaranya, kepemimpinan atasan, efektifitas kerja pegawai, semangat kerja, budaya kerja, disiplin kerja, iklim organisasi, kemampuan dan motivasi kerja serta masih banyak lainnya. Disamping itu perubahan yang terjadi baik dilingkungan eksternal maupun internal organisasi menuntut perubahan kinerja individu dengan peningkatan kualitas atau kemampuan agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan tersebut. Kualitas sumber daya aparatur menyangkut dua aspek, yaitu: 1) aspek fisik (kualitas fisik), dan 2) aspek non fisik (kualitas non fisik) yang berkaitan dengan kinerja, berpikir dan keterampilan lainnya. Untuk meningkatkan kualitas fisik dapat dilakukan melalui program-program kesehatan dan gizi. Sedangkan untuk meningkat kualitas atau kemampuan non fisik yang juga sening disebut sebagai pengembangan sumber daya aparatur dapat diupayakan melalui beberapa kegiatan. Salah satu upaya peningkatan kualitas aparatur dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63201-State Administration (S1)
Depositing User: Lazarus Ramandey
Date Deposited: 14 Jan 2020 09:58
Last Modified: 14 Jan 2020 09:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item