PENDEKATAN TERPADU BERBASIS APLIKASI PUPUK HAYATI MAJEMUK UNTUK PERBAIKAN KESUBURAN TANAH, EFISIENSI PEMUPUKAN, TOLERANSI TERHADAP HAMA PENYAKIT DAN PRODUKSI PADI PASANG SURUT DI KABUPATEN BANYUASIN

Muhammad Ammar, Muhammad PENDEKATAN TERPADU BERBASIS APLIKASI PUPUK HAYATI MAJEMUK UNTUK PERBAIKAN KESUBURAN TANAH, EFISIENSI PEMUPUKAN, TOLERANSI TERHADAP HAMA PENYAKIT DAN PRODUKSI PADI PASANG SURUT DI KABUPATEN BANYUASIN. In: Membangun Sinergi Riset Nasional Untuk Kemandirian Teknologi. Kementerian Riset dan Teknologi.

[thumbnail of 4.pdf]
Preview
Text
4.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Rendahnya produktifitas akibat kesuburan tanah dan serangan hama penyakit merupakan kendala utama budidaya padi di lahan pasang surut di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menguji efektifitas pupuk hayati yang mengandung komunitas bakteri berguna dalam peningkatan pertumbuhan dan produksi padi pasang surut. Penelitian mencakup pengujian lapangan dan pengujian dalam pot. Pengujian lapangan terdiri dari pengujian pada padi ratoon dan padi gadu yang dilaksanakan di lahan sulfat masam di Desa Mulyasari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Pengujian dalam pot menggunakan tanah dari sawah pengujian padi gadu serta diuji dengan varietas inpari 10 dan Ciherang. Pada penelitian ini dfigunakan dua sedian pupuk hayati, yaitu sedian cair dari inokulan dorman dan sedian ekstrak kompos yang mengandung inokulan aktif dan komunitas babteri perombak kitin, babteri perombak selulosa, dan babteri pelarut fosfat. Hasil pengujian membuktikan bahwa produksi padi varietas Ciherang dengan sistem ratoon dapat ditingkatkan sebesar 923-994 Kg/Ha (65-67%) setelah sekali disemprot pupuk hayati dalam sediaan ekstrak kompos. Insiden penyakit blas cenderung lebih rendah pada padi yang disemprot ekstrak kompos. Analisis data produksi padi gadu tidaka dapat dilaksanakan karena padi gagal panen (Puso) akibat serangan tikus. Tidak ditemukan perbedaan karakteristik kimia tanah dan populasi walang sangit antar petak percobaan padi gadu. Pada percobaan pot diperoleh peningkatan hasil secara signifikan (P < 0,05) setalah padi disemprot pupuk diaplikasi eksrak kompos. Serangan penyakit hawar bulir cenderung lebih rendah pada tanaman yang diaplikasi pupuk hayati. Apilkasi pupuk hayati tidak berpengaruh pada serapan N oleh tanaman, tetapi signifikan meningkatkan sarapan K. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pupuk hayati majemuk terutama yang diaplikasikan dalam sediaan ekstrak kompos layak dianjurkan untuk meningkatkan produktifitas padi di lahan surfat masam di daerah pasang surut.

Item Type: Book Section
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Depositing User: Mr Muhammad Ammer
Date Deposited: 14 Jan 2020 09:57
Last Modified: 14 Jan 2020 09:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24046

Actions (login required)

View Item View Item