Aplikasi Ekstrak Kompos Meningkatkan Hasil dan Menekan Penyakit Padi Sistem Ratun di Sawah Pasang Surut Kabupaten Banyuasin

Suwandi, Suwandi and ammar Muhammad Ammar, Muhammad and Irsan, CI Chandra Aplikasi Ekstrak Kompos Meningkatkan Hasil dan Menekan Penyakit Padi Sistem Ratun di Sawah Pasang Surut Kabupaten Banyuasin. Aplikasi Ekstrak Kompos Meningkatkan Hasil dan Menekan Penyakit Padi Sistem Ratun di Sawah Pasang Surut Kabupaten Banyuasin.

[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh sediaan pupuk hayati majemeuk terhadap hasil dan penyakit padi system ratun di lahan pasang surut telang II Kabupaten Bayuasin, Sumatera Selatan. Dua sediaan pupuk hayati yang diuji yaitu sediaan cair dari inokulen dorman dan sediaan ekstrak kompos. Sediaan pupuk hayati tersebut mengandung komonitas bakteri perombak kitin, bakteri perombak sululosa dan bakteri pelarut fosfat.hasil pengujian membuktikan bahwa hasil padi varietas Ciherang dengan sistem ratun pada lahan supoptimal tersebut meningkat sebesar 67% (923 kg/Ha) setelah sekalidisemprot pupuk hayati dalam sediaan ekstrak kompos. Padi ratun yang di semprot ekstrak kompos lebih sedikit terinfestasi blas leher malai dan busuk bulir dan menghasilkan lebih sedikit gabah hampa dibandingkan dengan tanaman kontrol. Sediaan ekstrak kompos layak dianjurkan untuk meningkatkan produksi padi ratun di lahan pasang surut.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF1-1100 Animal culture
Depositing User: Mr Muhammad Ammer
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:42
Last Modified: 14 Jan 2020 08:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24052

Actions (login required)

View Item View Item