Hamdaini Putri, Yulia and Ahmad Syathiri, Syathiri (2016) pengaruh persepsi dan minat terhadap keberadaan baitul maal wattamwil (BMT) di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14 (3). pp. 395-406. ISSN 1412-4521
Preview |
Text
jurnal_2016_yulia.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian adalah 1) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan BMT di Kota Palembang 2) Mengetahui minat masyarakat terhadap BMT 3) Mengetahui pengaruh persepsi dan minat masyarakat terhadap BMT. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Variabel yang digunakan adalah variabel persepsi nilai keutamaan, persepsi nilai etika, persepsi nilai spiritualitas, variabel minat dan variabel keberadaan BMT. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan bahwa 1) Masyarakat memandang BMT dapat membantu usaha kecil, membantu mereka terbebas dari rentenir, dan produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Namun, persepsi nilai etika dan persepsi nilai spiritual tidak memberikan pengaruh terhadap keberadaan BMT, BMT yang juga sebagai jasa keuangan syariah justru sebagian besar masyarakat tidak mengenal (kesadaran merek belum terbangun) 2)Minat masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap keberadaan BMT, mereka bersedia memberikan rekomendasi dan informasi kepada teman sejawat dan keluarga untuk bergabung menjadi bagian dari mitra BMT 3) variabel persepsi nilai keutamaan dan variabel minat secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keberadaan BMT. Kata kunci: Persepsi, Minat, BMT, Layanan, Etika dan Spiritualitas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | yulia hamdaini putri |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 08:42 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 08:42 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24066 |
Actions (login required)
View Item |