Pemanfaatan Oven Gelombangmikro (Microwave) Rumah untuk Sistem Pemanasan (Heating System) Temperatur Tinggi. Deskripsi Paten

Syarif, Nirwan (2016) Pemanfaatan Oven Gelombangmikro (Microwave) Rumah untuk Sistem Pemanasan (Heating System) Temperatur Tinggi. Deskripsi Paten. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Dirjen Kekayaan Intelektual.

[thumbnail of Tungku_MW.pdf]
Preview
Text
Tungku_MW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Invensi ini berhubungan dengan sistem pemanasan (heating system) temperatur tinggi, yaitu diatas 700 ?C menggunakan oven gelombangmikro (microwave) rumah. Paten yang diajukan ini mengandung invensi, yaitu tanur yang dapat mengisolasi panas yang dibangkitkan dalam oven gelombang mikro, yang disebut dengan tanur gelombangmikro (microwave furnace). Material digunakan untuk membuat tanur adalah tanah liat atau lempung. Tanah liat atau lempung dibentuk sebagai tabung (silinder) dengan dua dinding atau dua silinder dengan ukuran berbeda sehingga silinder satu dapat masuk ke dalam atau menjadi bagian dari silinder yang di luar serta membentuk ruang udara antara dua silinder tersebut. Silinder bagian dalam memiliki lubang pada dinding vertikalnya yang berfungsi mengurangi tekanan akibat gas yang terbentuk di dalam tanur. Sistem yang dikembangkan menggunakan bahan penyerap gelombangmikro (microwave absorber), yaitu karbon kayu gelam. Tanur, bahan penyerap gelombangmikro dan bahan isolator panas ditempatkan pada ruang panas oven gelombangmikro untuk meningkatkan temperatur tertinggi (puncak) yang dapat dicapai dengan oven gelombangmikro rumah (domestik).

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)-PATENT
Q Science > QD Chemistry > QD450-801 Physical and theoretical chemistry
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 47201-Chemistry (S1)
Depositing User: Dr Nirwan Syarif
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:19
Last Modified: 12 Jun 2023 02:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24150

Actions (login required)

View Item View Item