Analisis pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana

Aprilia, Suci and Syuhendri, Syuhendri and Andriani, Nely (2015) Analisis pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Fisika, IPA dan Ilmu Fisika dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. FKIP Universitas Sriwijaya, Palembang, pp. 159-169. ISBN 978-60271715-1-0

[thumbnail of Artikel_Semnas_Suci_dan_Syuhendri_dan_Nely_1.pdf]
Preview
Text
Artikel_Semnas_Suci_dan_Syuhendri_dan_Nely_1.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui 1) pemahaman konsep dan; 2) miskonsepsi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya yaitu angkatan 2014, sebanyak 36 mahasiswa terdiri dari 33 mahasiswa perempuan dan 3 mahasiswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berupa Diagnostik-Remidial Test Prelude To Simple Harmonic Motion berbentuk pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 26 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) skor rata-rata pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana sebesar 28,21%; 2) terdapat miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa sebesar 53% subkonsep kelajuan pegas, 33% gaya pegas, 42% percepatan pegas, 32% energi pegas, 47% osilasi pegas, 36% usaha pada pegas dan 22% pertambahan panjang pegas. Kesimpulan penelitian adalah 1) pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana termasuk kedalam kategori rendah; 2) terdapat miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok gerak harmonik sederhana. Miskonsepsi tersebut adalah kelajuan benda bermasaa m akan mencapai nilai maksimum pada saat simpangan maksimum. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pemahaman konsep dan dosen harus mengidentifikasi tentang pemahaman konsep mahasiswa serta melakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, miskonsepsi, gerak harmonik sederhana
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:18
Last Modified: 15 Jan 2020 08:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item