Analisis pemahaman konsep mekanika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Tahun 1 dengan menggunakan Force Concept Inventory (FCI) dan Certainty of Response Index (CRI)

Syuhendri, Syuhendri and Mayanti, Ridha (2013) Analisis pemahaman konsep mekanika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Tahun 1 dengan menggunakan Force Concept Inventory (FCI) dan Certainty of Response Index (CRI). Project Report. FKIP Universitas Sriwijaya, Inderalaya. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan_penelitian_dana_PNBP.pdf]
Preview
Text
Laporan_penelitian_dana_PNBP.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan sains siswa dibangun mulai dari kecil jauh sebelum masuk sekolah. Ahli konstruktivisme menyakini orang membangun pengetahuannya melalui interkasi dengan alam sekitarnya. Keterbatasan indera dan penalaran manusia membuat pengetahuan yang dibangun bisa berbeda dengan konsep saintifik. Konsepsi yang terbentuk bersifat resitan atau sulit berubah. Kegiatan untuk memahami konseps awal siswa jelas sangat penting dalam proses pembelajaran. Miskonsepsi yang dialami pelajar akan menghambat proses penerimaan dan asimilasi pengetahuan baru ke dalam diri mereka, sehingga akan menghalangi keberhasilan mereka dalam proses belajar lebih lanjut. Miskonsepsi dapat terjadi pada semua materi-subjek. Mekanika merupakan materi yang sangat penting dalam fisika. Materi ini diajarkan berulang-ulang mulai dari SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi. Pemahaman terhadap mekanika sangat diperlukan untuk mempelajari bagian fisika lainnya. Hampir tidak ada topik fisika yang lepas dari pembahasan gaya, gerak, kecepatan, momentum, dan sebagainya yang semuanya merupakan konsep-konsep mekanika. Oleh karena itu identifikasi terhadap penguasaan konsep mekanika sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk memetakan pemahaman konsep mekanika mahasiswa tahun 1 program studi pendidikan fisika yang akan dikategorikan dalam kelompok: paham konsep, tidak paham materi pelajaran, dan miskonsepsi, dan 2). melihat tingkat miskonsepsi mahasiswa pada materi mekanika berdasarkan gender, dan jalur masuk. Instrumen yang digunakan adalah FCI (Force Concept Inventory) dan analisis data dibantu oleh CRI (Certainty of Response Index). Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 17 for window. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif, yaitu untuk menggambarkan apa adanya tentang kondisi pemahaman konsep yang dialami mahasiswa. Subjek dari peneltian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tahun 1 Angkatan 2013/2014 yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar I, yang diterima melalui 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBNPTN, dan USM. Dari analisis data, didapatkan tingkat penguasaan konsep mahasiswa untuk materi mekanika adalah 13,42%, 14,12%, dan 14,94%. Kondisi ini berada jauh di bawah ambang batas penguasaan konsep mekanika yang baik sebesar 85% ataupun batas entry untuk memahami mekanika 60%. Dari analisi perbedaan rata-rata miskonsepsi anatara jalur masuk dan jenis kelmain didapatkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat miskonsepsi mahasiswa baru dari ketiga jalur masuk dan tidak terdapat juga perbedaan tingkat miskonsepsi pelajar berdasarkan jenis kelamin. Analisi berdasarkan tabel taksonomi miskonsepsi didaptkan lima miskonsepsi tertinggi: 1) Kerangka acuan berpusat diri sendiri (90,41%), 2) Benda berat jatuh lebih cepat (79,50), 3) Massa benda dapat menyebabkan benda berhenti bergerak (75,34%), 4) Gerakan benda merupakan representasi gaya yang bekerja pada benda (63,01), dan 5) Impetus berasal dari pukulan (59,93%). Oleh karena tingginya tingkat miskonsepsi pada mahasiswa responden maka disarankan kepada Dosen yang mengajara untuk menrepakan berbagai dtrategi pembelajaran yang mengacu kepada teori perubahan konseptual. Teori perubahan konseptual ditandai oleh empat tahap geiatan yang dikemukan Posner, yaitu dissatisfaction, intelligible, plasibel, dan fruitful.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:18
Last Modified: 15 Jan 2020 08:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24192

Actions (login required)

View Item View Item