Syuhendri, Syuhendri and Siregar, Nelson (2004) Pengembangan hiperteks akademik untuk pembelajaran lanjut: tinjauan dari perspektif konstruktivisme. Forum Kependidikan, 23 (2). pp. 172-188. ISSN 0215-9392
Preview |
Text
Pengembangan_Hiperteks_.._Forum_Kependidikan_Vol_23_No_2_tahun_2004.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Interpretasi konstruktivisme pada persoalan kognisi dan psikologi pendidikan yang ditekankan pada proses retrievel tidak bermasalah untuk pembelajaran dasar. Untuk pembelajaran lanjut, yang ranah pengetahuannya bersifat ill-structured dan ranah substansinya bersifat case to case irregularity, proses seperti ini tidak memadai lagi. Pembelajaran lanjut yang bertujuan menguasai elemen-elemen penting pengetahuan dan kemampuan menerapkannya pada situasi baru yang berbeda menuntut fleksibilitas kognisi. Instruksional dengan hiperteks dipandang dapat menjembatani ini karena sifat random access-nya sejalan dengan fleksibilitas kognisi. Namun kondisi hiperteks under-use saat ini menghambat pemanfaatannya. Berdasarkan kajian, hipeteks yang dikembangkan berdasarkan wacana argumentatif mampu menampilkan proses membangun pengetahuan secara lengkap.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hiperteks, pembelajaran lanjut, pengajaran sains, struktur ilmu, konstruktivisme. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Syuhendri, M.Pd. |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 08:17 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 08:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24203 |
Actions (login required)
View Item |