ANALISA PENGARUH SWEPT WING PADA AIRFOIL NACA 0012, NACA 64 – 206, DAN NASA SC(2) – 0706 TERHADAP SHOCKWAVE PADA MACH NUMBER 0,85 DENGAN MENGGUNAKAN CFD

KIAT, KASYFUL WARITS and Puspitasari, Dewi (2019) ANALISA PENGARUH SWEPT WING PADA AIRFOIL NACA 0012, NACA 64 – 206, DAN NASA SC(2) – 0706 TERHADAP SHOCKWAVE PADA MACH NUMBER 0,85 DENGAN MENGGUNAKAN CFD. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_06_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_0015017006_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_0015017006_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381821008_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_21201_03051381821008_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Airfoil digunakan sebagai bentuk dasar pada sayap pesawat. Airfoil pada sayap pesawat digunakan untuk menghasilkan gaya angkat yang akan mengangkat badan pesawat ke udara. Gaya angkat dihasilkan dari perbedaan tekanan antara bagian atas dan bawah sayap pesawat. Pada penerbangan kecepatan tinggi akan terjadi shockwave pada bagian tertentu dari sayap yang akan merugikan performa aerodinamis pada sayap tersebut. Peningkatan performa aerodinamis sayap pada kecepatan tinggi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan sudut kemiringan pada rentangan sayap yang disebut dengan swept angle. Penelitian ini akan menggunakan metode simulasi CFD 3D dengan menggunakan software Ansys Fluent. Airfoil yang digunakan adalah NACA 0012, NACA 64-206, dan NASA SC(2)-0706 dengan chord length 1 m, AR = 5, dan λ = 1 dengan variasi backward swept angle Λ = 0°, 15°, 30°, dan 45°. Aliran free stream merupakan udara yang mengalir dengan Mach Number = 0,85 pada ketinggian permukaan laut dan kondisi steady. Berdasarkan hasil simulasi NACA 0012 meminimalisir shock pada Λ = 45o dengan Cl = 0 dikarenakan symmetric airfoil, sedangkan NACA 64-206 dan NASA SC(2) – 0706 dapat meminimalisir shock pada Λ = 30o dengan nilai Cl/ Cd sebesar 17,58 (NACA 64-206) dan 20,86 (NASA SC(2) – 0706), penggunaan Λ = 45o akan berdampak merugikan karena mengurangi nilai Cl/ Cd. Simulasi ini juga memberikan gambaran visual berupa plot kontur dan grafik Mach Number dan Pressure Coefficient pada rentangan tengah (Midspan) dari sayap dengan setiap variasi swept angle (Λ) sehingga pengaruh shockwave pada aliran dapat dianalisa. Kata kunci: Airfoil, Mach Number, Shockwave, Swept angle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Airfoil, Mach Number, Shockwave, Swept angle
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL500-777 Aeronautics. Aeronautical engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Users 4077 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:47
Last Modified: 20 Jan 2020 02:47
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24343

Actions (login required)

View Item View Item