Analisa Perencanaan Bukaan Median Pada Ruas Jalan Mayjend Yusuf Singadekane Palembang

Permata, Debby Yulinar and Della, Rhaptyalyani Herno (2017) Analisa Perencanaan Bukaan Median Pada Ruas Jalan Mayjend Yusuf Singadekane Palembang. Technical Report. Universitas Sriwijaya, Inderalaya. (Unpublished)

[thumbnail of ANALISA PERENCANAAN BUKAAN MEDIAN PADA RUAS JALAN MAYJEND YUSUF SINGADEKANE PALEMBANG]
Preview
Text (ANALISA PERENCANAAN BUKAAN MEDIAN PADA RUAS JALAN MAYJEND YUSUF SINGADEKANE PALEMBANG)
Monograf_4_-_Laporan_Penelitian_Debby.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perencanaan ruas jalan sendiri harus berdasarkan analisa yang tepat sehingga jalan tersebut layak dan laik pakai. Salah satu perlengkapan jalan adalah median; bagian tengah jalan yang secara fisik memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah (Bina Marga, 2004). Untuk memfasilitasi perpindahan jalur pada ruas jalan maka biasanya dilakukan bukaan median. Namun perencanaan bukaan median ini kerap kali malah menimbulkan permasalahan transportasi, seperti yang dilansir dalam beberapa media; Pro Kaltim (Minggu, 24 Januari 2016) dalam tajuk beritanya menyebutkan bahwa ?Bukaan Median Jalan Dievaluasi, Kerap Picu Kemacetan?, lalu dalam Berita Musi (Senin, 21 Maret 2016) diberitahukan bahwa beberapa u-turn menyebabkan kemacetan sehingga harus ditutup dan upaya untuk mengatasi kemacetan karena bukaan median ini hanyalah dengan cara uji coba buka-tutup. Dari hal tersebutlah, maka dilakukan penelitian mengenai bukaan median. Diharapkan dengan adanya penelitian ini metode uji coba buka-tutup dapat ditiadakan dan didapatkan analisa terhadap tingkat pelayanan jalan tersebut.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA144 General works. Civil engineering, etc. Early to 1850
Depositing User: Mrs. RHAPTYALYANI HERNO DELLA
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:13
Last Modified: 17 Jan 2020 07:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24461

Actions (login required)

View Item View Item