Analisis Tingkat Kebisingan dan Tingkat Emisi Terhadap Pengaruh Volume Lalu Lintas di Ruas Jalan Jenderal Sudirman Palembang

Della, Rhaptyalyani Herno and Putri, Nyimas Septi Rika (2016) Analisis Tingkat Kebisingan dan Tingkat Emisi Terhadap Pengaruh Volume Lalu Lintas di Ruas Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Technical Report. Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DAN TINGKAT EMISI TERHADAP PENGARUH VOLUME LALU LINTAS DI RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN PALEMBANG.] Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DAN TINGKAT EMISI TERHADAP PENGARUH VOLUME LALU LINTAS DI RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN PALEMBANG.)
Monograf_2_-_Penelitian_UPPM_Rhaptyalyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jalan Jenderal Sudirman Palembang merupakan jalan utama atau jalan primer di kota Palembang yang mempunyai kondisi jalan yang selalu padat kendaraan dan aktivitas lalu lintasnya terutama pada jam-jam sibuk. Jam sibuk yang dimaksud adalah waktu dimana manusia banyak melakukan aktivitas sehingga menyebabkan kemacetan. Di Jalan Jenderal Sudirman biasanya terjadi mencapai 2 jam lebih sehingga akan banyak emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor dan menimbulkan tingkat kebisingan pada ruas jalan tersebut sehingga ini dapat menganggu aktivitas masyrakat setempat. Pada jalan Jenderal Sudirman Palembang, terdapat beberapa titik kemacetan yang terjadi akibat adanya pertigaan, salah satunya adalah pertigaan Rumah Sakit Moh.Hosein sampai Sekolah SD Baptis Palembang yang terjadi kemacetan pada pukul 06.30 ? 08.30 WIB dan pukul 16.30 - 18.00 WIB. Lokasi pertigaan ini sering terjadi kemacetan bukan hanya akibat aktivitas masyarakat tetapi juga ruas jalan pertigaan yang sempit membuat kendaraan yang keluar masuk sering terjadi kemacetan. Oleh karena itu, melihat padatnya lalu lintas di jalan Jenderal Sudirman Palembang, maka dilakukan penelitian yang membahas mengenai Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan dan Tingkat Emisi Di Ruas Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Pada penelitian ini metode yang dilakukan yaitu pengamatan langsung, penentuan waktu pengamatan, persiapan alat dan bahan. Penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung di lokasi Jalan Jenderal Sudirman Palembang ini dimulai dari persimpangan Rumah Sakit Charitas hingga Rumah Sakit Bhayangkara dengan menentukan titik-titik lokasi untuk dilakukan pengamatan.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: Mrs. RHAPTYALYANI HERNO DELLA
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:13
Last Modified: 17 Jan 2020 07:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24462

Actions (login required)

View Item View Item