Perancangan Pengendali Two Wheels Self Balancing Robot Berbasis Pid Menggunakan Gamepad Wireless

Gustini, Gustini and Irmawan, Irmawan (2016) Perancangan Pengendali Two Wheels Self Balancing Robot Berbasis Pid Menggunakan Gamepad Wireless. In: AVOER 8, 19-20 OKTOBER 2016, Palembang.

[thumbnail of AVOER_8_2016_GUSTINI.pdf]
Preview
Text
AVOER_8_2016_GUSTINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi robotika berkembang sangat pesat, penerapan algoritma kendali cerdas pada sistem robot terus dilakukan para pengembang dan peneliti dibidang robotika. Salah satu jenis robot yang kami rancang menggunakan dua buah roda yang bisa menyeimbangkan dirinya sendiri (Two Wheels Self Balancing Robot). Robot ini dirancang mempunyai dua buah roda yang dapat menyeimbangkan dirinya sendiri dan dikendalikan oleh gamepad wireless menggunakan metode algoritma kendali PID (Proporsional Integral Derivative) untuk mendapatkan respon yang terbaik. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, robot mampu mempertahankan posisi berdirinya selama 3,5 menit dengan parameter KP, KI, dan KD nya adalah 3, 0.2, dan 10.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: Gustini unsri
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:21
Last Modified: 20 Jan 2020 07:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item View Item