Studi Petrografi Batuan Beku dan Piroklastik Daerah Danau Ranau dan Sekitarnya, Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan

Idarwati, Idarwati (2015) Studi Petrografi Batuan Beku dan Piroklastik Daerah Danau Ranau dan Sekitarnya, Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Technical Report. Prodi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Prodi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of laporan_akhir_SATEKS.pdf] Text
laporan_akhir_SATEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pulau Sumatera yang termasuk daerah Indonesia paling barat juga merupakan daerah yang juga dilewati jalur magmatik yang menghasilkan deretan gunungapi yaitu di sepanjang pantai barat Sumatra memanjang dari Aceh sampai Lampung (Bukit Barisan) dan berimpit dengan Sesar aktif Semangko. Sehingga daerah ini mempunyai potensi batuan sebagai hasil aktifitas geologi antara lain gempabumi, dan letusan gunungapi. Daerah Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatra. Danau Ranau sendiri dan terbentuk akibat letusan Gunungapi Ranau (volkano tektonik) yang terjadi pada Plio-Plistosen. Sehingga daerah ini merupakan komplek volkanik Ranau. Kaki Gunungapi Seminung seringkali memperlihatkan aktivitasnya yaitu menyemburkan gas belerang yang diindikasikan dengan matinya biota yang ada di danau Ranau. Gejala panas bumi di daerah ini ditunjukkan dengan munculnya mata air panas di sebelah tenggara Danau Ranau atau di sebelah barat dan utara kaki Gunung Seminung.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Q Science > QE Geology
Depositing User: Idarwati Hidayat
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:20
Last Modified: 20 Jan 2020 07:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24624

Actions (login required)

View Item View Item