PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DI KELAS IV SD IT MENARA FITRAH INDERALAYA

Kamil, Nurdin and Masrinawatie, Masrinawatie and Maharani, Siti Dewi (2015) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DI KELAS IV SD IT MENARA FITRAH INDERALAYA. Universitas Sriwijaya, - (-). pp. 1-9.

[thumbnail of Jurnal Skripsi.] Text (Jurnal Skripsi.)
PENGARUH_MODEL_PROJECT_BASED_LEARNING_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD IT Menara Fitrah Inderalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SD IT Menara Fitrah Inderalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan rancangan One group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini kelas IV di SD IT Menara Fitrah Inderalaya dan Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas, dengan jumlah siswa laki-laki 12 orang dan perempuan 11 orang jadi total siswa ada 23 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh t_hitung = 11,13 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh t_tabel = 2,080 sehingga terlihat bahwa t_hitung>t_tabel. Oleh karena itu, h_0 ditolak dan h_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD IT Menara Fitrah Inderalaya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Nurdin Nurdin Kamil
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:23
Last Modified: 22 Jan 2020 02:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24812

Actions (login required)

View Item View Item