Kaji Eksperimental Pengaruh Modifikasi Penekanan Terhadap Tegangan-Regangan dan Struktur Pegas Daun Kendaraan Roda Empat

Thamrin, Ismail and Burlian, Firmansyah and Budi, Teguh and Santoso, Dyos and Apriansyah, Rury and Robi, M and Ferdinand, M. Reza (2010) Kaji Eksperimental Pengaruh Modifikasi Penekanan Terhadap Tegangan-Regangan dan Struktur Pegas Daun Kendaraan Roda Empat. Documentation. UPPM Fakultas Teknik Unsri, Fakultas Teknik. (In Press)

[thumbnail of kaji_eksperimental_modifikasi_penekanan_terhadap_tegangan-regangan1(Laporan_Penelitian).pdf]
Preview
Text
kaji_eksperimental_modifikasi_penekanan_terhadap_tegangan-regangan1(Laporan_Penelitian).pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pegas daun merupakan salah satu sistim suspensi yang terdapat pada kendaraan yang berfungsi sebagai peredam getaran, sekaligus sebagai penopang rangka kendaraan. Akibat modifikasi penekanan (pressing), fungsi pegas daun yang menerima beban dinamis (berulang-ulang) cukup besar, akan mengalami kerusakan akibat lelah yang muncul setelah komponen tersebut menjalani fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tegangan-regangan yang terjadi pada struktur pegas daun akibat modifikasi penekanan. Dari hasil analisis tegangan, ternyata pegas daun yang sudah di-press mengalami peningkatan tegangan maksimum yang terjadi, yaitu dari 1.09361 x 108 N/m2 menjadi 1.12632 x 108 N/m2, atau terjadi penurunan kekuatan sebesar 3%. Hal ini dapat menyebabkan kemungkinan untuk terjadinya patah pada pegas daun sesudah di-press lebih besar dibandingkan dengan sebelum di-press.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: Pegas, pressing
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: budi santoso
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:05
Last Modified: 23 Jan 2020 02:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24945

Actions (login required)

View Item View Item