Pengenalan kata dengan metode linear predictive coding dan jaringan syaraf tiruan pada mobile robot

Irmawan, Irmawan and Sari, Desi Windi and hikmarika, hera (2014) Pengenalan kata dengan metode linear predictive coding dan jaringan syaraf tiruan pada mobile robot. In: Conference on Information Technology and Electrical Engineering, 7-8 Oktober 2014, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Scan_proceeding_citee.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Teknologi pengolahan sinyal telah berkembang amat pesat pada era modern ini, salah satu teknologi yang dihasilkan adalah teknologi pengenalan ucapan. Dengan teknologi ini diharapkan manusia dapat berinteraksi langsung dengan robot/mesin layaknya antar sesama manusia. Oleh karena itu, dengan menerapkan teknologi tersebut pada Mobile robot diharapkan robot tersebut melakukan aksi sesuai dengan perintah yang diucapkan operator. Algoritma pengenalan ucapan ini digunakan metode Linear Predictive Coding (LPC) dan Fast Fourier Trasform (FFT) untuk mengeluarkan pola ucapan setiap kata. Sedangkan klasifikasi dan pengenalan pola menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagasi. Pada perancangan perangkat keras terdiri dari 2 bagian yaitu PC (Personal Computer) dan Robot Pemadam Api, sehingga untuk menghubungkan kedua bagian ini digunakan komunikasi serial dengan jalur transmisi Bluetooth. PC yang terhubung mikrofon digunakan sebagai tempat memasukkan ucapan dan pemrosesan pengenalan ucapan yang meliputi 6 buah kata yaitu maju, mundur, kanan, kiri, kipas, dan stop. Sedangkan pada bagian mobile robot ini digunanakan mikrokontroller AT Mega8535 sebagai pengakuisisi data yang dikirimkan oleh PC. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pengenalan ucapan pada operator yang dilatih jauh lebih baik daripada operator diluar data latih. Sikronisasi perintah ucapan dan gerak robot didapati hasil yang cukup baik yakni dapat mengenali 88,87% ucapan dengan tepat

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:30
Last Modified: 28 Jan 2020 03:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25100

Actions (login required)

View Item View Item