Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran

Jaenudin, Riswan (2014) Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran. In: Seminar Kenaikkan Jabatan Lektor III-c ke Lektor Kepala III-d, 18 Maret 2014, FKIP UNSRI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
book.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Asesmen pada hakikatnya merupakan kegiatan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan belajar yang telah dicapai peserta didik setelah berlangsungnya pembelajaran. Indikator yang digunakan sebagai tolok ukurnya ditentukan dari tercapai tidaknya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penilaian yang dilakukan hanya menggunakan tes pada akhir pembelajaran dan terbatas pada aspek kognitif menyebabkan terjadinya permasalahan dan ketidakadilan dalam menilai keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu proses penilaian harus dilakukan selama pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga hasil penilaian dapat menggambarkan proses dan hasil belajar peserta didik yang sebenarnya. Asesmen alternatif merupakan jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Asesmen alternatif yang dimaksudkan adalah pemanfaatan pendekatan non tradisional (non tes baku; objektif tes) untuk memberikan penilaian kinerja/proses dan hasil belajar peserta didik secara menyeluruh dan sebenarnya. Asesmen alternatif sering disebut juga asesmen kinerja atau asesmen autentik, dan asesmen portofolio pada prinsipnya terdiri dari dua bagian, yaitu tugas-tugas (task) dan kriteria penilaian(rubric). Oleh karena masih terdapat kekurangan atau kelemahan dalam melakukan asesmen, maka pendidik (guru/dosen) harus memiliki kompetensi dalam: (1) memilih dan mengembangkan metode asesmen yang tepat, (2) melaksanakan, menskor, dan menginterpretasi hasil asesmen, (3) menggunakan hasil asesmen untuk membuat keputusan, menentukan nilai yang valid, dan (4) mengkomunikasikan hasil asesmen kepada pihak yang berkepentingan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: asesmen, asesmen alternatif, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:00
Last Modified: 23 Jan 2020 08:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25158

Actions (login required)

View Item View Item