Subadiyono, Subadiyono (2014) Pengembangan Model Buku Teks Membaca. MENTARI: Majalah Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora, 17 (1). pp. 200-212. ISSN 1411-2620
Preview |
Text
mentari_2014.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model buku teks membaca yang terdiri dari teks-teks sebagai bahan bacaan yang dilengkapi dengan aktivitas sebelum, selama, dan setelah membaca dalam rangka mengantisipasi makna, membangun makna, dan membangun kembali makna. Untuk mewujudkan tujuan itu, penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswa memerlukan buku teks berupa bahan bacaan yang dilengkapi aktivitas sebelum, selama, dan setelah membaca; buku yang dikembangkan berjudul Buku Teks Pemahaman Bacaan yang memuat 12 teks artikel terdiri dari berbagai topik yang mencakup topik bahasa, sastra, budaya, pendidikan, multikultural, religi sosial, politik, dan filsafat yang dilengkapi dengan prosedur pembelajarannya; persepsi mahasiswa relatif baik terhadap aspek-aspek buku teks yang mencakup teknik penyajian, penyajian pembelajaran, kelengkapan pembelajaran, dan kejelasan bahasa instruksi; tingkat keterbacaan teks dalam kategori instruksional, yang berarti tingkat kesulitannya sedang
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bacaan,atkvitas membaca,persepsi,keterbacaan |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 03:29 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 03:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25166 |
Actions (login required)
View Item |