Pengembangan Model Buku Teks Membaca

Subadiyono, Subadiyono (2014) Pengembangan Model Buku Teks Membaca. MENTARI: Majalah Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora, 17 (1). pp. 200-212. ISSN 1411-2620

[thumbnail of mentari_2014.pdf]
Preview
Text
mentari_2014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model buku teks membaca yang terdiri dari teks-teks sebagai bahan bacaan yang dilengkapi dengan aktivitas sebelum, selama, dan setelah membaca dalam rangka mengantisipasi makna, membangun makna, dan membangun kembali makna. Untuk mewujudkan tujuan itu, penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswa memerlukan buku teks berupa bahan bacaan yang dilengkapi aktivitas sebelum, selama, dan setelah membaca; buku yang dikembangkan berjudul Buku Teks Pemahaman Bacaan yang memuat 12 teks artikel terdiri dari berbagai topik yang mencakup topik bahasa, sastra, budaya, pendidikan, multikultural, religi sosial, politik, dan filsafat yang dilengkapi dengan prosedur pembelajarannya; persepsi mahasiswa relatif baik terhadap aspek-aspek buku teks yang mencakup teknik penyajian, penyajian pembelajaran, kelengkapan pembelajaran, dan kejelasan bahasa instruksi; tingkat keterbacaan teks dalam kategori instruksional, yang berarti tingkat kesulitannya sedang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bacaan,atkvitas membaca,persepsi,keterbacaan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:29
Last Modified: 28 Jan 2020 03:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25166

Actions (login required)

View Item View Item