Kalibrasi Nilai Kekasaran Manning pada Saluran Terbuka Komposit (Fiber Bergelombang-Kaca) Terhadap Variasi Kedalaman Aliran (Kajian Laboratorium)

Amin, M. Baitullah Al and Ilmiaty, R. Silvia and Hakki, Helmi and Rizki, Febrian Trianda (2013) Kalibrasi Nilai Kekasaran Manning pada Saluran Terbuka Komposit (Fiber Bergelombang-Kaca) Terhadap Variasi Kedalaman Aliran (Kajian Laboratorium). In: SEMINAR NASIONAL AVoER KE-5, 28 November 2013, Aula Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PROSIDING_AVOER_2013,pdf,eprints.pdf]
Preview
Text
PROSIDING_AVOER_2013,pdf,eprints.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh perubahan kedalaman aliran terhadap nilai kekasaran Manning pada saluran komposit atau nilai kekasaran Manning ekivalen (ne). Penelitian ini dilakukan dengan mengalirkan air pada model saluran terbuka dengan permukaan fiber bergelombang sebagai dasarnya dan kaca sebagai dindingnya berdasarkan pengujian di laboratorium. Kedalaman aliran divariasikan, dimana kedalaman hulu 0,4 m; 0,35 m; 0,30 m; 0,25 m; dan 0,20 m dengan pembendungan di hilir serta tanpa pembendungan. Model saluran memiliki penampang melintang persegi dengan tinggi dan lebar masing-masing adalah 0,45 m dan 0,30 m serta kemiringan dasar saluran 0.0001. Pengamatan dan pengukuran dilakukan terhadap parameter kedalaman dan kecepatan aliran tiap jarak 0,30 m, serta profil muka air di sepanjang 10 m saluran. Hasil pengamatan tersebut digunakan sebagai kontrol sekaligus pembanding dengan hasil perhitungan menggunakan metode integrasi numerik dan simulasi program HEC -RAS 4.1 untuk penentuan nilai kekasaran Manning. Parameter kalibrasi yang digunakan adalah nilai volume error dan rezim aliran untuk setiap profil muka air yang disimulasikan. Hasil pengamatan dan pengukuran menunjukkan bahwa profil muka air yang dibendung terjadi aliran balik (backwater) dengan jenis aliran subkritik, sedangkan tanpa dibendung terjadi aliran terjunan (drawdown) dengan jenis aliran subkritik menjadi superkritik. Hasil perhitungan menggunakan metode integrasi mumerik menunjukkan bahwa variasi kedalaman aliran mempengaruhi nilai kekasaran Manning. Untuk profil aliran yang dibendung, semakin rendah kedalaman aliran maka semakin kecil nilai kekasaran Manning. Pada saluran tanpa dibendung karena menggunakan satu macam debit yaitu debit maksimum, maka tidak ada parameter pembanding nilai koefisien Manning, dimana nilai kekasaran Manning tanpa dibendung untuk kaca (nkaca) = 0,0097 dan fiber bergelombang (nfiber) = 0,0161. Hasil simulasi program HEC-RAS 4.1 menunjukkan profil aliran terjunan (drawdown), baik untuk aliran yang dibendung maupun yang tanpa dibendung, sehingga berbeda dengan hasil pengamatan maupun perhitungan dengan metode integrasi numerik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Nilai Manning ekuivalen, Saluran komposit, Profil muka air, Metode Integrasi Numerik, HEC-RAS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 24 Jan 2020 09:37
Last Modified: 24 Jan 2020 09:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item