Rancang Bangun Rele Statis Phasa tidak Seimbang dan Pengujiannya Pada Motor Induksi Tiga Phasa

Suparlan, Muhammad (2013) Rancang Bangun Rele Statis Phasa tidak Seimbang dan Pengujiannya Pada Motor Induksi Tiga Phasa. Documentation. Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Fakultas Teknik, Universttas Sriwijaya, Fakultas Teknik. (In Press)

[img]
Preview
Text
MAKALAH_SEMINAR_1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MAKALAH_SEMINAR_2.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

Pada rangkaian pelayanan motor induksi tiga phasa umumnya dilengkapi dengan rele proteksi, yaitu rele beban lebih dan rele phasa tidak seimbang. Motor induksi tiga phasa yang beroperasi pada kondisi tegangan phasa tidak seimbang dapat menyebabkan kenaikan temperatur pada belitan motor. Pada suatu harga persentase tegangan tidak seimbang tertentu akan terjadi kenaikan temperatur yang melebihi batas temperatur maksimum yang ditetapkan sesuai dengan kelas isolasi dan service faktor motor. Kenaikan temperatur yang melebihi batas temperatur maksimum akan mengurangi umur pakai isolasi belitan motor, selain itu kondisi operasi tegangan phasa tidak seimbang dapat mengurangi daya pada poros motor. Rele statis telah banyak digunakan dalam proteksi motor induksi. Pada pembuatan rele statis phasa tidak seimbang digunakan toroidal dengan inti aluminium sebagai elemen sensor, karena aluminium mempunyai sifat magnetik yang tidak mudah jenuh. Dengan demikian maka didapatkan suatu hubungan yang linear antara arus bolak-balik yang diberikan dan tegangan induksi yang dibangkitkan. Tegangan induksi sebagai sinyal masukan rele statis didapatkan dengan cara menghubungkan tiga buah toroidal secara paralel yang ditempatkan pada sistem tiga phasa. Tegangan induksi resultan yang dihasilkan toroidal inti aluminium yang dihubungkan secara paralel pada sistem tiga phasa dalam keadaan tegangan phasa seimbang sama dengan nol. Dalam keadaan tegangan phasa tidak seimbang, tegangan induksi resultan yang dihasilkan tidak sama dengan nol, keadaan ini sesuai dengan yang diinginkan dalam pembuatan rele statis. Cara ini sangat sederhana dan mudah untuk dibuat serta biaya yang dibutuhkan lebih rendah bila dibandingkan dengan menggunakan transformator ukur yang ada dipasaran. Dari hasil pengujian, rele statis phasa tidak seimbang memiliki kecepatan kerja, sensitivitas dan keandalan yang baik serta mudah dioperasikan. Rele statis phasa tidak seimbang yang dirancang bangun untuk memproteksi kondisi tegangan phasa tidak seimbang juga dapat digunakan untuk memproteksi motor induksi tiga phasa yang beroperasi pada kondisi terbukanya salah satu penghantar (single phasing).

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:37
Last Modified: 28 Jan 2020 09:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item