Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Sekolah Menengah Pertama

Jaenudin, Riswar (2013) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Sekolah Menengah Pertama. Forum Sosial, 6 (2). pp. 353-362. ISSN 1972-8681

[thumbnail of isi-4.pdf]
Preview
Text
isi-4.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of cover-4.pdf]
Preview
Text
cover-4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar IPS Terpadu pada Tema Kehidupan Bernegara yang valid, praktis dan mengetahui efek potensial dari buku ajar tersebut terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi Akker dan Tessmer. Tahapan penelitian terdiri dari tahap: pendahuluan, desain dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi, dan tes hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil penelitian pada tahap pendahuluan diperoleh data tentang kondisi pembelajaran IPS yang memerlukan pembaharuan dalam pembelajarannya, antara lain hasil wawancara dengan teman sejawat dan siswa, analisis Silabus, karakteristik siswa, dan analisis buku sehingga dihasilkan desain buku ajar IPS Terpadu. Selanjutnya desain buku ajar tersebut divalidasi dan diujicobakan. Validasi dilakukan oleh tiga validator dengan hasil 78,65 % kategori valid. Tahap one to one dilakukan terhadap tiga orang siswa dengan katagori baik, kemudian pada small group diberikan angket kepada 10 orang siswa, hasilnya 87, 8 % merespon sangat baik. Tahap Field Test dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Buku Ajar IPS Terpadu pada Tema Kehidupan Bernegara di kelas IX.2. Hasilnya menunjukkan 85,6 % siswa aktif, dan hasil tes menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 26,07 %, dari rata-rata pretest 61,87 dan hasil post test 78,00. Dengan demikian Buku Ajar IPS Terpadu pada Tema Kehidupan Bernegara yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru-guru IPS kelas IX untuk menggunakan Buku Ajar IPS Terpadu ini di sekolah masing-masing

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan,Bahan Ajar,IPS Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:29
Last Modified: 28 Jan 2020 03:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25196

Actions (login required)

View Item View Item