STUDI PENGARUH WAKTU PERENDAMAN ABU BATUBARA PLTU SEBAGAI BAHAN PENYERAP LOGAM BERAT LINDI SAMPAH PERKOTAAN

Yusuf, Maulana (2012) STUDI PENGARUH WAKTU PERENDAMAN ABU BATUBARA PLTU SEBAGAI BAHAN PENYERAP LOGAM BERAT LINDI SAMPAH PERKOTAAN. Documentation. Fakultas Teknik Unsri, Fakultas Teknik. (In Press)

[thumbnail of studi_pengaruh_waktu_perendaman_abu_batubara_pltu_sebagai_bahan_penyerap_logam_berat_lindi_sampah_perkotaan.pdf]
Preview
Text
studi_pengaruh_waktu_perendaman_abu_batubara_pltu_sebagai_bahan_penyerap_logam_berat_lindi_sampah_perkotaan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karya ilmiah ini merupakan bagian dari penelitian abu batubara sebagai bahan penyerap logam berat lindi sampah perkotaan. Abu batubara merupakan limbah yang dihasilkan dari pembakaran batubara sebagai bahan bakar dari kegiatan industri dan Pembangkitan Listrik Tenaga Uap (PLTU). Dari hasil penelitian terdahulu menunjukan bahan limbah abu batubara dalam 10 tahun mendatang akan meningikatsamapi 156 ton per tahun. Dalam rangka mengurangi dampak negatif dari limbah abu batubara adalah pemanfaatan limbah abu batubara sebagai bahan penyerap logam berat dari lindi sampah perkotaan. Penelitian dilakukan dengan membuat kolam lindi dari samapah perkotaan yang kemudian dimasukkan limbah abu batubara sebgai bahan penyerap. Pengukuran langsung konsentrasi logam berat dilakukan di lapangan kondisi awal pada hari pertama samapi hari ke 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi logam berat pada hari pertama samapai atau kondisi awal pada umunya di atas baku mutu lingkungan (BML) kecuali logam Cu. Sedankan fungsi abu batubara sebagai bahan penyerap sudah berperan baik ini terlihat adanya penurunan logam berat sampai hari ke 22 kecuali Fe, Cd, dan Mn penyerapannya relatif lambat.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:37
Last Modified: 28 Jan 2020 09:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item