Farhan, yadi (2012) Relevansi Kurikulum Prodi PTMO FKIP UNSRI dengan Kompetensi Profesional Guru SMK diKota Palembang. Master thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Preview |
Text
Artikel_Tesis.pdf Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives. Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cakupan kompetensi profesional guru SMK kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Palembang dan relevansinya dengan kompetensi pada kurikulum prodi PTMO FKIP 2011 Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.Penelitian ini terdiri dari dua jenis populasi yaitu 127 guru SMK dengan mata diklat Teknik Kendaraan Ringan di Kota Palembang dan 12 dosen prodi PTMO FKIP UNSRI. Sampel guru sebanyak 62 guru ditentukan dengan teknik simple random sample menggunakan rumus Surakhmad, sedangkan sampel dosen sebanyak tujuh dosen ditentukan dengan teknik purposive sample. Instrumen penelitian guru berupa angket disusun menggunakan gabungan skala rating scale dan semantik differensial. Forum Group Discussion (FGD) digunakan sebagai metode penentuan relevansi kurikulum dengan pengkategorian menggunakan skala Gutman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik analisis deskriptif dengan bantuan paket program Microsoft Excel dan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) cakupan kompetensi profesional guru SMK dinilai dari enam bidang kompetensi yang terdiri dari 142 kompetensi dasar yang mengacu pada standar BNSP, BSNP, dan KTSP diperoleh sebanyak 106 kompetensi dasar termasuk dalam kategori relevan dan 36 kompetensi dasar dalam kategori cukup relevan. Secara umum persentase cakupan kompetensi profesional guru yang relevan sebesar 74,65%, namun kompetensi profesional guru yang termasuk dalam kategori cukup relevan juga ikut digunakan sebagai acuan relevansi kurikulum prodi PTMO FKIP UNSRI. (2) Untuk tingkat relevansi kurikulum prodi PTMO FKIP UNSRI dengan kompetensi profesional guru SMK di Kota Palembang diperoleh sebanyak 75 kompetensi dasar yang sesuai atau sudah tersedia dan 67 butir kompetensi yang tidak sesuai atau tidak tersedia. Kesimpulan secara umum diperoleh persentase tingkat relevansi kurikulum sebesar 52,82% termasuk dalam kategori relevan meskipun jumlah kompetensi yang tidak tersedia masih cukup banyak khususnya pada bidang kompetensi kelistrikkan. Kata Kunci: relevansi, kurikulum, dan kompetensi profesional
Item Type: | Thesis (Master) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 83203-Mechanical Technique Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 09:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 09:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25283 |
Actions (login required)
View Item |