Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep Pendahuluan Fisika Inti Dengan Model Group Investigation Pada Program Guru Fisika Bertaraf Internasional FKIP Universitas Sriwijaya

Murniati, Murniati (2012) Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep Pendahuluan Fisika Inti Dengan Model Group Investigation Pada Program Guru Fisika Bertaraf Internasional FKIP Universitas Sriwijaya. Forum MIPA, 15 (2). (Submitted)

[thumbnail of Peningkatan_kemampuan_mahasiswa.pdf]
Preview
Text
Peningkatan_kemampuan_mahasiswa.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa pada konsep pendahuluan fisika inti dan partisipasi mahasiswa selama proses perkuliahan dengan model group investigation. Mata kulah pendahuluan fisika inti termasuk mata kuliah keahlian yang wajib diambil mahasiswa dengan bobot 3 SKS disediakan pada semester VII. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini harus sudah mengikuti mata kuliah fisika modern sebagai mata kuliah prasyarat. Pelaksanaan perkuliahan pada tahun ajaran 2011/2012 dengan model kooperatif STAD, hasil yang diperoleh mahasiswa untuk nilai A dan B 47 % dan keaktifan mahasiswa masih rendah, sehingga untuk tahun ajaran 2012/2013 pengampu mata kuliah menerapkan model group investigation. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, hasil yang diperoleh mahasiswa untuk nilai A dan B pada siklus satu 12 %, sedangkan pada siklus dua 57 %. Hasil observasi untuk aktivitas sangat baik, untuk memantau aktivitas diterapkan metode ask whit the cards (metode kartu).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendahuluan fisika inti, Group investigation, ask with the card
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:25
Last Modified: 28 Jan 2020 09:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25291

Actions (login required)

View Item View Item