Apa Dan Bagaimana Membangun Karakter Anak

Rukiyah, Rukiyah (2012) Apa Dan Bagaimana Membangun Karakter Anak. In: Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Pembelajaran Terpadu Dan Paikem. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, PGSD UNSRI, pp. 169-173. ISBN 979-587-450-0

[thumbnail of cover_4.pdf]
Preview
Text
cover_4.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of isi_2.pdf]
Preview
Text
isi_2.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Karakter anak dapat dibangun dan dikembangkan melalui pola asuh demokratis yang dicontohkan oleh Keluarga, khususnya orang tua dan orang dewasa yang berada didekatnya, sehingga anak usiadini dapat mencontoh perilaku orangtuanya dari yang anak lihat dan yang anak dengar, sehingga secara tidaklangsung anak dapat merekam dalam memorinya , semua yang dicontohkan orangtua melalui: ucapan dan perbuatan seperti mengajarkan nilai-nilai moral dan disiplin yang terus menerus sehingga menjadikannya standar perilaku pada anak, oleh karena itu dalam membangun karakter anak bukan hanya merawat atau mengawasi anak saja tetapi lebih dari itu seperti: mendidik sopansantunnya, disiplinnya ,dan tanggung jawabnya, yang semuanya bersumber dari pengetahuan dan perbuatan orang tua dan keluarga . Sehingga mendidik karakter pada anak ada kaitan erat dengan sifat-sifat yang relatife menetap yang telah diperlihatkan secara berulang dari tingkahlaku di contohkan baik dari orang-orang yang ada disekitarnya,diri sendiri, lingkungan yang terwujud dalam pikiran, sikap perasaan dan perbuatan berdasarkan norma- norma agama, hukum, tatakrama, budaya dan adat istiadat

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: membangun karakter anak
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:56
Last Modified: 23 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item View Item