Perancangan agricultural Robot berbasis Mikrokontroler ATMega 128

Amri, Djulil (2012) Perancangan agricultural Robot berbasis Mikrokontroler ATMega 128. In: Seminar Nasional Science, Engineering and Technology Seminar (SciETec) -2012, 23-24 Februari 2012, Gedung Utama Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

[img]
Preview
Text
perancangan_Agricultural_Robot_berbasis_Mikrokontroler_ATMmega_128.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://scietec.ub.ac.id

Abstract

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat dilakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, pekerjaan yang berulang dan monoton. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi . penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, search and rescue, serta dalam hal pertanian. Robot pertanian yang dirancang adalah mobile robot yang dapat menanam bibit kacang tanah. Rancangan robot pertanian ini sendiri menggunakan kamera sebagai sensor pencitraan tanahnya. Robot tersebut mendeteksi adanya tanah yaitu melaluli image processing dengan bahasapemrograman Visual Basic, sedangkan mikrokontrolernya diprogram dengan bahasa pemrogramC. Dari penelitian ini, didapat suatu kesimpulan bahwa prototype robot pertanian ini dapat berfungsidengan baik ketika dilakukan pengetesan pada lahan yang sesungguhnya. Dapat dilihat dari beberapa kali dilakukan pengetesan. Biji kacang tanah dapat ditanam dengan baik sesuai dengan program yang telah dimasukan ke dalam mikrokontroler robot tersebut. Rata-rata tegangan output ketika diberikan logia High adalah 4,81 V. Sedangkan arus yang mengalir pada driver motor ketika tanpa beban adalah 2.5, A, dan dengan beban adalah 6.5 A.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: mobile robot; pertanian; mikrokontroler; kacang tanah; pengolahan citra
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:40
Last Modified: 28 Jan 2020 09:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item View Item