Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS)

Jaenudin, Riswan (2012) Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Forum Sosial, 5 (1). pp. 77-86. ISSN 1972-8681

[thumbnail of cover-10.pdf]
Preview
Text
cover-10.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Arus globalisasi yang bergerak begitu cepat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi komunikasi, membawa pengaruh multidimensional dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu bidang pendidikan yang terpengaruh arus globalisasi adalah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Agar pembelajaran IPS dapat sesuai dengan perkembangan zaman, maka perlu ada pembaharuan terhadap konsep-konsep pembelajarannya. Hal ini penting, karena pembelajaran IPS berangkat dari konsep-konsep yang berkembang dalam kehidupan manusia. Konsep, prinsip, dan pendekatan dalam pembelajaran IPS merupakan satu kesatuan. Untuk itu pembaharuan konsep, prinsip, dan pendekatan pembelajaran Pendidikan IPS perlu dilakukan. Dengan adanya pembaharuan terhadap konsep, prinsip, dan pendekatan Pendidikan IPS sesuai dengan arus globalisasi dan perkembangan zaman diharapkan pembelajaran IPS akan lebih menarik dan bermakna, sehingga tujuan pembelajaran IPS dapat dicapai sesuai dengan yang diharapkan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Globalisasi,Pendidikan IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:26
Last Modified: 28 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25327

Actions (login required)

View Item View Item