Edi, Rodi (2012) Metakognitif Strategi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Fkip Unversitas Sriwijaya. Forum MIPA, 15 (1). pp. 70-77. ISSN 1410-1262
Preview |
Text
Isi (12).pdf Download (872kB) | Preview |
Preview |
Text
cover (19).pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi strategi metakognisi yang digunakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri dalam kaitannya dengan prestasi akademik. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 3, 4, 5, dan 7 Program studi Pendidikan Kimia. Kuesioner yang valid dan reliabel yang dikembangkan oleh Pintrich digunakan untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Hasil analisis menunjukkan : (1) Ada 9 strategi metakognisi yang digunakan oleh mahasiswa program studi pendidikan kimia FKIP Unsri, yaitu motivasi intrinsik, penilaian terhadap perkuliahan, persepsi terhadap kemampuan diri, strategi pengulangan, elaborasi, pengaturan diri, tingkat usaha, kecemasan, dan pengorganisasian informasi, (2) diantara kesembilan strategi tersebut, penilaian terhadap perkuliahan, strategi pengulangan, dan elaborasi merupakan strategi yang sering digunakan oleh mahasiswa. Agar dosen dapat mengoptimalkan penggunaan strategi metakognisi dan memotivasi penggunaan strategi matakognisi dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik dan keterampilan hidup mahasiswa sehari-hari perlu ditindak lanjuti dengan penelitian yang berkaitan dengan materi subjek pada mata kuliah tertentu
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metakognitif,Strategi mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 03:03 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 03:03 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25335 |
Actions (login required)
View Item |