Pengaruh Penggulungan Ulang (Rewinding) Stator terhadap Kinerja Motor Induksi

Suparlan, Muhammad (2011) Pengaruh Penggulungan Ulang (Rewinding) Stator terhadap Kinerja Motor Induksi. JURNAL REKAYASA SRIWIJAYA, 20 (3). pp. 9-14. ISSN 0852-5366

[thumbnail of jurnal_november_2011.pdf]
Preview
Text
jurnal_november_2011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pengaruh_Penggulungan_Ulang_(Rewinding)_sator_terhadap_motor_induksi.pdf]
Preview
Text
pengaruh_Penggulungan_Ulang_(Rewinding)_sator_terhadap_motor_induksi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Motor induksi menempati peranan penting dalam sebuah industri atau pabrik, karena dengan mesin-mesin listrik ini dapat memudahkan pelaksanaan produksi Motor induksi yang bekerja secara terus menerusdi dalam proses di suatu industri tentunya akan mengalami penurunan efektifitas bahkan mengalami kerusakan ? kerusakan. Kerusakan ? kerusakan tersebut umumnya bias disebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor yaitu faktor lingkungan, mekanikal, elektrikal. Khususnya kerusakan dari segi elektrikal sebagian besar terletak pada lilitan (winding) dimana pada winding tersebut bila suatu motor yang kelebihan beban (overload) dan dioperasikan terus menerus akan menyebabkan winding tersebut terbakar. Penggulungan ulang untuk motor yang terbakar sudah umum dilakukan oleh industri. Penggulungan ulang (rewinding) motor induksi dapat menurunkan efisiensi dari hasil perhitungan diperoleh penurunan efisiensi dari 92,7% menjadi 85,22 %, akibatnya kinerja (Performance) motor induksi menurun disbandingkan sebelum digulung ulang, hal ini disebabkan oleh teknik penggulungan, material konduktor, jenis dan kinerja pengisolasian, dan suhu operasi. Penggulungan ulang motor induksi sebaiknya memilih material konduktor dan jenis isolasi yang baik, ukurlah diameter kawat dengan teliti, total penampang dan jumlah lilitannya jangan dikurangi. Perubahan penampang dan junlah lilitan sangat mempengaruhi perubahan tahan winding yang selanjutnya mengubah kinerja motor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: winding, overload, rewinding, performance
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:26
Last Modified: 28 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25371

Actions (login required)

View Item View Item