Alquran Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Integratif Untuk Membentuk Pribadi Bangsa Yang Berkarakter

izzah izzah, suhardi.unsri@gmail.com (2011) Alquran Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Integratif Untuk Membentuk Pribadi Bangsa Yang Berkarakter. Alghazali,Majalah Ilmu Pengetahuan Agama Universitas Sriwijaya. ISSN 08542902 (Submitted)

[thumbnail of Daftar_Isi_&_Isi_Makalah.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi_&_Isi_Makalah.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover (1).pdf]
Preview
Text
cover (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam pembelajaran selama ini, antara lain, guru acap kali mengkotak-kotakan materi. Hal seperti ini membuat pembelajaran tidak menarik. Di samping itu, pembelajaran menjadi baku, tidak luas, dan tak mampu merangsang siswa untuk bereksplorasi. Untuk itu, dalam tulisan ini ditawarkan pembelajaran integratif bermediakan Alquran. Artinya, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang salah satu materinya diambil dari kisah-kisah dalam Alquran. Kisah-kisah ini diceritakan, disimak, didiskusikan, dituliskan kembali, dan dibacakan kembali. Selain itu, cerita-cerita ini dihubungkan dengan mata pelajaran lain, seperti IPS, IPA, dan Matematika. Dengan demikian, pembelajaran menjadi menarik karena dapat menjelajah ke berbagai mata pelajaran. Selain itu, secara tidak langsung, guru dan siswa pun dapat menambah wawasan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alquran,Media Pembelajara,Integratif,dan Bangsa yang Berkarakter
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:56
Last Modified: 23 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25397

Actions (login required)

View Item View Item