Model Kolaborasi Reading-Writing Connection Sebagai Upaya Inovatif Mengembangkan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Izzah, Izzah and Mukmin, Suhardi (2011) Model Kolaborasi Reading-Writing Connection Sebagai Upaya Inovatif Mengembangkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Kependidikan. ISSN 14108054 (Submitted)

[thumbnail of Cover (13).pdf]
Preview
Text
Cover (13).pdf

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi_&_Isi_Makalah (1).pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi_&_Isi_Makalah (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian (UPT MPK) Universitas Sriwijaya selama ini terasa belum maksimal. Hal ini disebabkan bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yang bermuara pada keterampilan menulis belum tereapai secara maksimal. Mahasiswa masih kesulitan ketika akan menulis. Untuk itu, ditawarkan satu model yang lebih praktis daripada model yang selama ini terdapat di dalam buku ajar terbitan UPT MPK Unsri. Model ini merupakan inovasi baru yang tidak menyaingi, tetapi berusaha memperbaiki model penulisan esai yang lama. Dan hasil survey. wawancara, dan angket terhadap sejumlah mahasiswa. semester 1 dan dosen Bahasa Indonesia di UPT MPK diketahui bahwa mahasiswa memang kesulitan menerapkan model yang lama. Mereka berpendapat bahwa draf model kolaborasi reading writing connection yang ditawarkan terkesan lebih praktis dan mudah diaplikasikan karena selain mengetengahkan teori juga di lampiri beberapa contoh esai yang aktual dan dapat dijadikan contoh untuk menulis esai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tulisan Esai,Model Kolaborasi Reading-Writing Connection
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:15
Last Modified: 27 Jan 2020 03:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item