Studi Efek Kinetika Katalis Platina, Paladium, Kobalt dan Nikel terhadap Produksi Syngas di Steam Reformer PT PUSRI II Palembang

Haryati, Sri and Bustan, M. Djoni (2011) Studi Efek Kinetika Katalis Platina, Paladium, Kobalt dan Nikel terhadap Produksi Syngas di Steam Reformer PT PUSRI II Palembang. Added value of Energy Rosurces.

[thumbnail of studi_efek_kinetika_katalis.pdf]
Preview
Text
studi_efek_kinetika_katalis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Energi merupakan topik hangat yang menjadi permasalahan dunia saat ini. Sejalan dengan mraitha berkembangnya industri, kebutuhan energi juga semakin meningkat. Penggunaan katalis suatu reaksi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan energi aktivasi. calls yang digunakan pada produksi syngas di PT PUSRI II adalah nikel, katalis ini mudah keracunan sulfur dan tidak stabil pada temperatur tinggi, konversi syngas dicapaipun rendah. Analisis terhadap beberapa alternatifkatalis logam lain penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan mempelajari perbandingan kinerja katalis platina, paladium dan kobalt terhadap produksi ctgas dengan katalis nikel sebagai pembandingnya. Dan analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa katalis platina memberikan hasil terbaik dengan konstanta laju paling besar dan energi arzvasi dan volume katalis paling rendah, yaitu sebesar 17, 5 ; 110, 11kJ/mol dan 1, 27 m3.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP1-1185 Chemical technology
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 29 Jan 2020 05:29
Last Modified: 29 Jan 2020 05:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25455

Actions (login required)

View Item View Item