Yadi, Farhan Farhan (2010) Peran Aspek Afektif Pada Prosedur Keselamatan Kerja Sebagai Salah Satu Integrasi Penerapan Pendidikan Karakter Di SMK. Seminar Nasional "Character Building for Vocational Education", 5. pp. 32-42. ISSN 1907-8366
Preview |
Text
MAKALAH_FT_UNY.pdf Download (780kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Karakter merupakan suatu terobosan didalam mengatasi permasalahan moral dan karakter yang buruk di indonesia. Salah satu aspek yang sangat berperan dalam pendidikan karakter ini adalah aspek afektif. Peran aspek afektif pada Prosedur keselamatan kerja sebagai salah satu bentuk integrasi penerapan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Nilai-nilai afektif di lebur didalam pelatihan atau praktek kerja di sekolah menengah kejuruan bertujuan menjadikan peserta didik cerdas, handal, kreatif, dan berkarakter yang baik. Praktek kerja merupakan simulasi nyata peserta didik dalam proses interaksi sosial dan alam yang telah diberi sikap dan sifat pembentukan karakter yang baik seperti kejujuran, bertanggung jawab, percaya diri, keadilan, peduli, dan kerja sama. Penilaian Afektif sangat berperan dalam hasil belajar dan merupakan cermin dari keberhasilan penerapan pendidikan karakter. Guru sebagai pendidik telah ditutut professional dalam mengukur dan menilai tingkatan aspek afektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 83203-Mechanical Technique Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 09:38 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 09:38 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25466 |
Actions (login required)
View Item |