Jaenudin, Riswan (2010) Pengembangan Model Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Forum Kependidikan FKIP Unsri, 30 (2). pp. 144-155. ISSN 0215-9392
Preview |
Text
isi-16.pdf Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
cover-16.pdf Download (669kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen portofolio yang digunakan untuk menggambarkan prestasi dan kemajuan belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan sebagai beriku: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) pengujian model. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman studi dokumentasi, angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes hasil belajar. Pengolahan dan teknik analisis data digunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukan: (1) penilaian pembelajaran IPS sebelum menerapkan model asesmen portofolio cenderung dilakukan melalui tes hasil belajar, (2) Model asesmen portofolio dikembangkan melalui empat tahapan, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran yang menerapkan model asesmen portofolio terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen, portofolio, kualitas pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 03:29 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 03:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25473 |
Actions (login required)
View Item |