Pengembangan Model Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Jaenudin, Riswan (2010) Pengembangan Model Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Forum Kependidikan FKIP Unsri, 30 (2). pp. 144-155. ISSN 0215-9392

[thumbnail of isi-16.pdf]
Preview
Text
isi-16.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of cover-16.pdf]
Preview
Text
cover-16.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen portofolio yang digunakan untuk menggambarkan prestasi dan kemajuan belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan sebagai beriku: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) pengujian model. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman studi dokumentasi, angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes hasil belajar. Pengolahan dan teknik analisis data digunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukan: (1) penilaian pembelajaran IPS sebelum menerapkan model asesmen portofolio cenderung dilakukan melalui tes hasil belajar, (2) Model asesmen portofolio dikembangkan melalui empat tahapan, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran yang menerapkan model asesmen portofolio terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asesmen, portofolio, kualitas pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:29
Last Modified: 28 Jan 2020 03:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item